Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

3 Fakta tentang Sumpah Pocong yang Dilakukan Saka Tatal: Barang yang Disiapkan hingga Tata Caranya

Mantan terpidana kasus pembunuhan Vina dan Rizky alias Eky di Cirebon, Jawa Barat, pada 2016, Saka Tatal, berencana melakukan sumpah pocong.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in 3 Fakta tentang Sumpah Pocong yang Dilakukan Saka Tatal: Barang yang Disiapkan hingga Tata Caranya
Tribunnews.com
Saka tatal melakukan sumpah pocong terkait kasus Vina pada hari ini, Jumat (9/8/2024). Sumpah Pocong merupakan salah satu ritual untuk membuktikan suatu tuduhan atau kasus yang sedikit atau bahkan tidak memiliki bukti sama sekali. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan terpidana kasus pembunuhan Vina dan Rizky alias Eky di Cirebon, Jawa Barat, pada 2016, Saka Tatal, berencana melakukan sumpah pocong di Cirebon, Jabar, Jumat (9/8/2024).

Sumpah itu untuk memperkuat pembuktian bahwa dirinya tidak terlibat kasus pembunuhan Vina dan Eky.

Namun apa itu sebenarnya sumpah pocong?




Berikut penjelasan mengenai sumpah pocong yang telah dilakukan oleh Saka Tatal di Padepokan Amparan Jati Cirebon.

Sumpah Pocong merupakan salah satu ritual untuk membuktikan suatu tuduhan atau kasus yang sedikit atau bahkan tidak memiliki bukti sama sekali.

Sumpah ini diambil oleh manusia dengan menggunakan pakaian ciri khas pocong yaitu memakai kain kafan.

Sumpah ini dapat dipraktikkan dengan tata cara yang berbeda, misalnya pelaku sumpah tidak dipocongi tetapi hanya dikerudungi kain kafan dengan posisi duduk.

BERITA TERKAIT

Sebagai informasi, sumpah pocong merupakan tradisi lokal yang masih kental diterapkan oleh masyarakat dan beberapa percaya hal tersebut juga menerapkan norma-norma adat.

Masyarakat percaya, apabila keterangan atau janjinya tidak benar. Maka si pelaku yang sudah bersumpah akan mendapat hukuman dari Tuhan.

Hingga saat ini tidak ada literatur maupun sumber sejarah yang membahas sumpah ini. Tapi menurut kepercayaan masyarakat, sumpah pocong berkembang sejak masa kerajaan di Indonesia.

Ritual ini kental dengan ritual-ritual kejawen dan klenik lainnya. Namun, jika dilihat dari sosok pocong yang digunakan. Ada dampak psikologis di mana jika seseorang berbohong maka kematian yang akan mengancamnya.

Biasanya sumpah pocong hanya digunakan untuk persoalan-persoalan tertentu. Sumpah jenis ini diambil saat persidangan dan hukuman tidak mampu menyelesaikan.

Bagaimana pelaksanaan dari sumpah pocong?

Ada 3 hal yang harus dipersiapkan dalam pelaksanaan ritual ini. Pertama adalah kain kafan atau mori, kemudian akan dihadirkan saksi, dan yang terakhir adalah sumpahnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas