Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Tegas Bantah Cawe-cawe Pengunduran Diri Airlangga Hartarto dari Ketum Golkar

Presiden Joko Widodo bantah isu dirinya cawe-cawe dalam keputusan pengunduran Airlangga Hartarto dari jabatannya sebagai Ketum Golkar.

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Sri Juliati
zoom-in Jokowi Tegas Bantah Cawe-cawe Pengunduran Diri Airlangga Hartarto dari Ketum Golkar
Tribunnews.com/Taufik Ismai
Presiden Joko Widodo di Istana Negara IKN, Selasa (30/7/2024) - Presiden Joko Widodo bantah isu dirinya cawe-cawe dalam keputusan pengunduran Airlangga Hartarto dari jabatannya sebagai Ketum Golkar. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo membantah isu dirinya ikut campur atau cawe-cawe dalam keputusan pengunduran Airlangga Hartarto dari jabatannya sebagai Ketua Umum (Ketum) Golkar

Jokowi menegaskan, keputusan Airlangga itu tidak ada kaitannya dengan dirinya. 

Menurutnya, keputusan untuk mengundurkan diri merupakan pilihan pribadi dan merupakan urusan internal Golkar.

"Tidak ada (cawe-cawe)," kata Jokowi dengan lugas kepada awak media seusai meninjau lapangan HUT ke-79 RI di IKN, Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024). 

"Urusan Pak Airlangga itu internal partai, di partai itu ada proses ada mekanisme, silakan tanyakan kepada Golkar dan juga kepada Pak Airlangga," kata Jokowi.

Jokowi pun kemudian berkelakar agar awak media menanyakan langsung urusan tersebut kepada Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Dito Ariotedjo. 

Dito yang berdiri tepat di samping Jokowi hanya menanggapinya dengan tertawa. 

BERITA TERKAIT

"Ini di sini juga ada Golkar, Pak Dito, silakan tanyakan. Jangan saya mencampuri internal partai, nggak bisa," tegasnya. 

Istana sebelumnya juga menegaskan pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketum Golkar merupakan urusan pribadinya.

"Pengunduran diri Bapak Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar adalah pilihan atau hak pribadi beliau yang selanjutnya sepenuhnya menjadi urusan internal Partai Golkar. Jadi tidak ada kaitannya sama sekali dengan Presiden," kata Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana , Senin (12/7/2024).

Ari memastikan Airlangga tetap menjalankan tugas sebagai Menko Perekonomian di kabinet.

Baca juga: Ketua DPP Sebut Plt Ketum Golkar Pengganti Airlangga Berinisial A, Ini 3 Waketum Golkar Inisial A

Airlangga juga turut berada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk mengikuti sidang kabinet.

"Sampai saat ini Bapak Airlangga Hartarto tetap menjalankan tugasnya membantu Presiden Jokowi sebagai Menteri Koordinator Perekonomian RI. Dari semalam sampai hari ini beliau mendampingi Bp. Presiden di Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya Airlangga telah resmi menyatakan mundur dari jabatan Ketum Partai Golkar.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, serta atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar, maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Airlangga, Minggu (11/8/2024), dikutip dari YouTube Kompas TV.

Pihaknya juga menjelaskan pengunduran dirinya sebagai Ketum Golkar terhitung sejak Sabtu (10/8/2024).

Soal alasan mundur, Airlangga mengatakan dirinya ingin menjaga keutuhan Partai Golkar dan memastikan stabilitas selama transisi pemerintahan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Selanjutnya, sebagai partai besar yang matang dan dewasa, DPP Partai Golkar segera menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan AD/ART organisasi yang berlaku," ujar Airlangga dalam video yang sama.

(Tribunnews.com/Milani Resti/Mario Christian)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas