Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Momen Prabowo Berdiri saat Namanya Disebut oleh Jokowi Ketika Sidang Tahunan MPR

Dalam momen tersebut terlihat Prabowo tetap berdiri sampai Jokowi berhenti memberikan pesan dan doa kepadanya untuk kepemimpinan yang akan datang.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Momen Prabowo Berdiri saat Namanya Disebut oleh Jokowi Ketika Sidang Tahunan MPR
Tribunnews.com
Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto spontan berdiri saat disebutkan namanya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pidato kenegaraan sidang tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Jumat (16/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto spontan berdiri saat disebutkan namanya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pidato kenegaraan sidang tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Jumat (16/8/2024).

Dalam momen tersebut terlihat Prabowo tetap berdiri sampai Jokowi berhenti memberikan pesan dan doa kepadanya untuk kepemimpinan yang akan datang.

Baca juga: 4 Kali Jokowi Minta Maaf di Sidang Tahunan MPR, Diapresiasi Gerindra, Direspons Sinis PDIP

Tak hanya itu, dalam berdirinya tampak juga sesekali Prabowo menyatukan tangannya, memberikan hormat dengan menunduk sebagai ucapan terima kasih atas doa dan harapan tersebut.




"Nanti, pada tanggal 20 Oktober 2024, izinkan saya menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan ini kepada Bapak Prabowo Subianto. Izinkan juga saya menyerahkan semua harapan dan cita-cita masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, dari pinggiran, dari daerah terluar, dari desa, dan dari pusat-pusat kota kepada Bapak," kata Jokowi.

Baca juga: Gabung Pemerintahan Prabowo, Surya Paloh: Jatah Kursi Menteri Hak Prerogatif Presiden

Momen serupa juga terjadi pada pidato pelantikan perdana Jokowi sebagai presiden di tahun 2014. Prabowo yang duduk di barisan kedua undangan, langsung berdiri dan memberikan hormat kepada Jokowi saat namanya disebut.

Begitu pula pada beberapa momentum pidato, Jokowi selalu menyebutkan nama Prabowo yang selalu disambut berdiri memberi hormat. Terakhir di hadapan ribuan peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Mei 2024 lalu, Jokowi pun memperkenalkan Prabowo yang kembali disambut dengan sikap yang sama.

Jokowi Titip Harapan untuk Indonesia ke Prabowo

Dalam pidatonya, Jokowi pun sempat menyinggung perihal transisi kepemimpinan dan harapan untuk Prabowo Subianto.

BERITA TERKAIT

“Kepada presiden terpilih, Bapak Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto, tahun depan insyaAllah Bapak yang akan menyampaikan pidato kenegaraan,” kata Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi menyebut, dirinya akan menyerahkan estafet tongkat kepemimpinan kepada Prabowo saat pelantikan presiden pada 20 Oktober 2024 mendatang.

"Nanti pada tanggal 20 Oktober 2024 izinkan saya menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan ini kepada Bapak Prabowo Subianto," kata Jokowi.

Mengakhiri pidato kenegaraannya, Jokowi menitipkan asa dan harapan untuk pemerintahan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. Ia berharap pemerintahan Prabowo-Gibran dapat senantiasa diberi kemudahan serta kelancaran dalam memimpin bangsa ini.

Baca juga: Video Kala Prabowo Tetap Berdiri saat Namanya Disebut oleh Jokowi di Pidato

“Izinkan saya juga menyerahkan semua harapan dan cita-cita masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, dari pinggiran, dari daerah terluar, dari desa dan dari pusat-pusat kota kepada Bapak (Prabowo),” pungkas Jokowi.

Ia meyakini dengan semangat persatuan dan kerja sama yang ada saat ini, serta dengan keberlanjutan yang terjaga, Indonesia dapat menjadi negara yang kuat serta berdaulat. Indonesia, disebut Jokowi, akan mampu untuk melompat dan menggapai cita-cita Indonesia Emas di tahun 2045.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas