Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Paviliun Indonesia akan Hadir di World Expo 2025, Dibangun Menyerupai Perahu

Paviliun Indonesia di ajang World Expo 2025 ini akan menempati lahan seluas 1.750 meter persegi.

Editor: Dodi Esvandi
zoom-in Paviliun Indonesia akan Hadir di World Expo 2025, Dibangun Menyerupai Perahu
HANDOUT
Paviliun Indonesia di ajang World Expo 2025 ini akan menempati lahan seluas 1.750 meter persegi. Paviliun ini dirancang dengan memadukan tradisi dan modernitas, mengajak pengunjung menjelajahi keanekaragaman potensi bangsa. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia akan berpartisipasi di ajang World Expo 2025 di Osaka, Jepang.

Dengan mengusung tema “Thriving in Harmony: Nature, Culture, Future”, Indonesia akan menyuguhkan pesona alam, budaya, kreativitas, dan inovasi terdepannya di pameran tersebut.

Paviliun Indonesia di ajang World Expo 2025 ini akan menempati lahan seluas 1.750 meter persegi.

Paviliun ini dirancang dengan memadukan tradisi dan modernitas, mengajak pengunjung menjelajahi keanekaragaman potensi bangsa.

Di tempat ini inovasi dan visi menuju Indonesia Emas 2045 akan dipaparkan menjadi sumber inspirasi di berbagai bidang dan membuka peluang untuk kemitraan bisnis baru.

“Paviliun Indonesia di World Expo 2025 Osaka menjadi langkah strategis untuk menunjukkan kepada dunia bagaimana Indonesia memanfaatkan sejarah panjang, warisan dan kekayaan sumber daya alam bangsa sebagai landasan dari banyak inovasi masa depan. Ini akan menjadi salah satu showcase yang menonjolkan kemampuan Indonesia, dalam menciptakan solusi inovatif untuk menjawab kebutuhan dan tantangan global,” kata Vivi Yulaswati, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian PPN/Bappenas dalam keterangannya, Jumat (16/8/2024).

Baca juga: Bappenas: Penjualan Ritel 2024 Akan Meningkat, Tercermin dari Indeks Penjualan Riil

Arsitektur Paviliun Indonesia yang dibangun menyerupai perahu, mencerminkan identitas Indonesia sebagai negara maritim yang terus berlayar maju.

BERITA TERKAIT

Bentuk ini juga menjadi simbol gotong royong, pembangunan yang berkelanjutan dan semangat eksplorasi potensi masa depan.

Pavilion Indonesia akan menyambut pengunjung dengan replika hutan tropis Indonesia, menyoroti peran vital hutan dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan memperlihatkan upaya konservasi yang dilakukan Indonesia.

Zona Nature juga akan memamerkan potensi kekayaan alam Indonesia hingga pesona keindahan laut, menunjukkan bagaimana Indonesia memanfaatkan sumber daya alam untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan global.

Pada zona Culture, pengunjung akan diperkenalkan pada aspek budaya Indonesia yang kaya dan beragam, menyoroti bagaimana masyarakat Indonesia tetap memelihara tradisi sambil beradaptasi dengan perubahan zaman.

Baca juga: Hadapi Era Digital, Bappenas Wanti-wanti Pengusaha Ritel Deretan Hal Ini Bisa Jadi Tantangan

Pengunjung juga akan diajak merasakan pesona Nusantara secara menyeluruh, melalui berbagai kegiatan interaktif, termasuk menyaksikan demonstrasi proses pembuatan batik, menikmati pertunjukan musik dan tari yang mencerminkan keragaman etnis, hingga mencicipi berbagai cita rasa otentik dari berbagai daerah di tanah air.

Pada zona Future, teknologi mutakhir dan narasi juga telah disiapkan untuk menggambarkan rencana pembangunan jangka panjang menuju Indonesia Emas 2024, negara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan.

Utamanya, Paviliun Indonesia akan berfungsi sebagai platform (wadah) untuk berbagi pengetahuan dan inovasi, dengan mengusung sub-tema “Connecting Lives”, yang menyoroti pentingnya kolaborasi, teknologi komunikasi, dan perencanaan berbasis data dalam menghadapi tantangan global.

“Paviliun Indonesia akan memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana Indonesia berperan besar merancang masa depan yang lebih baik. Dengan memperlihatkan harmoni antara pelestarian alam, pengembangan budaya, dan kemajuan teknologi, paviliun ini akan menjadi jendela bagi dunia untuk melihat Indonesia dalam dimensi yang baru dan inspiratif,” kata Vivi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas