Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi Anggota DPR RI, Putri Zulkifli Hasan Dorong & Perjuangkan Isu Perempuan, Anak, dan UMKM

Ia berharap bisa berperan aktif dalam pembahasan isu-isu terkait keuangan negara dan perbankan, serta mendorong sinergi sektor swasta dan pemerintah.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Jadi Anggota DPR RI, Putri Zulkifli Hasan Dorong & Perjuangkan Isu Perempuan, Anak, dan UMKM
Ist
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Putri Zulkifli Hasan, resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2024-2029.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Putri Zulkifli Hasan, resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2024-2029. 

Mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung I, Putri siap mengangkat isu-isu hak-hak perempuan, anak, serta pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

"Kesejahteraan perempuan dan anak adalah prioritas utama saya, namun saya juga melihat betapa pentingnya peran UMKM dalam perekonomian Indonesia. Saya berkomitmen untuk mendorong pengembangan UMKM, terutama yang dikelola oleh perempuan, sebagai pilar penting dalam pemberdayaan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja," kata Putri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Menurut dia, UMKM memiliki peran strategis dalam menciptakan ekonomi yang inklusif dan berdaya saing.

Putri juga berharap bisa berperan aktif dalam pembahasan isu-isu terkait keuangan negara dan perbankan, serta mendorong sinergi sektor swasta dan pemerintah dalam menciptakan iklim usaha yang mendukung pertumbuhan UMKM. 

Selain itu, ia menekankan pentingnya memperkuat pengawasan sektor keuangan melalui lembaga seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional.

BERITA REKOMENDASI

Sebelum dilantik, Putri mengakui mengikuti program eksekutif di Harvard University, John F. Kennedy School of Government.

Di sana dia mendapatkan sertifikasi Strategies for Inclusive Growth dan Infrastructure in Market Economy. 

Program ini memperkaya wawasan Putri dalam mendukung pembangunan inklusif dan peran infrastruktur sebagai penggerak ekonomi.

“Pembelajaran dari Harvard memperdalam pemahaman saya tentang strategi pertumbuhan inklusif dan kebijakan infrastruktur yang dapat diterapkan di Indonesia. Saya percaya bahwa pengembangan sektor keuangan, perbankan, dan infrastruktur yang kuat akan menjadi fondasi penting dalam mendukung UMKM dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Putri.

Prabowo dan Jokowi Hadiri Pelantikan DPR RI

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sekaligus presiden terpilih 2024-2029 hadir mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam acara Pelantikan Anggota DPR RI terpilih di Gedung Nusantara, DPR/MPR/DPR RI, Selasa (1/10).

Prabowo terlihat datang bersama dengan Jokowi dan berada di satu mobil kepresidenan berplat nomor RI 1. Jokowi nampak keluar dari sisi pintu mobil sebelah kiri sementara Prabowo keluar dari sisi pintu mobil sebelah kanan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas