Tribun Otomotif

Subaru, Chevy, dan Infiniti Tak Jualan Lagi Sejak Januari

Sejak Januari hingga Mei 2015, ada tiga merek mobil penumpang di Indonesia yang tidak merekam data penjualan.

Editor: Fajar Anjungroso
Subaru, Chevy, dan Infiniti Tak Jualan Lagi Sejak Januari
Tribunnews/JEPRIMA
PT. TC. Subaru memamerkan teknologi utama Subaru melalui Subaru XV dan Forester dalam All-Wheel Drive (AWD) Challenge Subaru pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/9/2014). Subaru AWD Challenge diadakan khusus untuk menunjukkan kemampuan teknologi Symmetrical All-Wheel Drive Subaru yang terdiri dari Boxer Engine khas AWD melalui traksi tanpa henti, kestabilan dan kontrol kendaraan dalam berbagai kondisi jalan. (Tribunnews/Jeprima) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sejak Januari hingga Mei 2015, ada tiga merek mobil penumpang di Indonesia yang tidak merekam data penjualan. Menurut data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), ketiga merek itu adalah Infiniti, Subaru, dan Cherry.

Performa Infiniti di Indonesia memang tidak pernah setara dengan merek premium lainnya. Tahun ini belum ada satupun unit yang terjual, padahal sejak Indonesia International Motor Show 2014 lalu Infiniti Indonesia sudah bersiap lari lebih kencang setelah meluncurkan dua varian sedan Q50, 2.0L turbocharger dan 3.5L hibrida.

Pada 2013 cuma ada 16 unit yang dijual di satu-satunya diler Infiniti di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Prestasi itu bahkan menurun pada 2014 menjadi hanya 8 unit.

Subaru

Sejak terbelit kasus pajak dengan Pemerintah Indonesia, mulai Oktober 2014 diler Motor Image Indonesia (Subaru Indonesia) lumpuh dari aktivitas. Dari pemberitaan yang disiarkan sebelumnya, mobil-mobil Subaru yang dipamerkan di beberapa diler sempat dilabeli “disita”.

Subaru Indonesia terkesan tertutup soal kasus itu, namun Marketing Manager Subaru Indonesia Pebruono Christiawan, mengonfirmasi memang aktivitas penjualan belum dilakukan. “Sekarang kita masih dalam tahap recovery,” katanya singkat, Rabu (1/7/2015).

Chery

Chery International, produsen mobil asal China meresmikan PT Chery Mobil Indonesia (CMI) sebagai rekanan lokal pada 23 Februari 2012. Saat itu CMI langsung menjual tiga model, yaitu MPV Chery Eastar 2.0L, SUV Chery Tiggo 1,6L, dan pikap Chery Transcab 1.1L.

Namun menelisik dari data wholesale Gaikindo, diler-diler CMI tak merekam aktivitas jualan pada 2013 sampai Mei 2015. Dari keterangan penjawab telepon di kantor pusat CMI di Jl. Hasyim Ashari No. 1, Jakarta Pusat, saat ini lokasi itu sedang dalam proses renovasi. Aktivitas dipindahkan ke fasilitas Motorave di Jl. Agung Barat No. 15, Sunter, Jakarta Utara.

“Kita memang sedang tidak jualan, tapi suku cadang dan servis bisa dilakukan di sini,” jelas salah satu wiraniaga di Sunter via telepon.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
Tags
Subaru
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas