Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Mulai 2021 Semua Mesin Diesel Harus Euro 4: Isuzu Siapkan Teknologi Comonrail, Apa Keunggulannya?

Mesin common rail pada prinsipnya bekerja dengan sistem yang mengelola dan menyemprotkan bahan bakar ke dalam jantung mekanis diesel.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Mulai 2021 Semua Mesin Diesel Harus Euro 4: Isuzu Siapkan Teknologi Comonrail, Apa Keunggulannya?
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Mesin heavy duty commonrail Isuzu tipe 6HK1-TCN saat dipamerkan di booth Isuzu di arena GIIAS 2018, 2-12 Agustus 2018. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menetapkan mulai tahun 2021 semua kendaraan bermesin diesel yang diproduksi dan dijual di Indonesia harus memenuhi standar emisi gas buang Euro 4

Mengantisipasi hal itu, Isuzu Indonesia sudah mulai memasarkan mesin diesel dengan teknologi common-rail sejak beberapa tahun terakhir dan terus berlanjut sampai sekarang.

Mesin ini antara lain terpasang di truk Isuzu Giga series dan truk Elf NMR 81 yang baru saja diluncurkan ke publik di ajang pameran otomotif GIIAS 2018 yang baru saja berakhir hari Minggu (12/8/2018) lalu.




Mesin common rail pada prinsipnya bekerja dengan sistem yang mengelola dan menyemprotkan bahan bakar ke dalam jantung mekanis diesel. 

Teknologi ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan mesin diesel konvensional. Apa saja

Pertama, teknologi common rail mampu untuk menurunkan emisi dan output yang lebih tinggi, yang berhubungan dengan tekanan injeksi.

Kedua, mengurangi kebisingan dan emisi gas buang, lantaran adanya pengendalian kuantitas injeksi bahan bakar.

BERITA TERKAIT

Ketiga, meningkatkan kinerja mesin karena kontrol waktu yang fleksibel.

Baca: Truk Tata Ultra Kirim Bantuan untuk Warga Korban Gempa di Lombok

Keempat, bebas mengendalikan tekanan injeksi, sebagai respons terhadap putaran dan beban mesin.

"Teknologi yang dibutuhkan saat ini yang sudah Isuzu kembangkan yaitu engine common-rail. Engine ini akan membantu Isuzu untuk mengahadapi regulasi pemerintah mengenai Euro 4," ungkap Attias Asril, General Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Senin (13/8/2018). 

Selain itu juga, mesin common rail juga membantu konsumen dalam penghematan bahan bakar, karena sistem common-rail ini bisa mengatur pembakaran dengan tepat.

"Mesin-mesin Isuzu direkayasa untuk menghasilkan tenaga dan tendangan torsi yang cukup (tidak berlebihan) agar tekanan mesin tidak terlampau tinggi. Tujuannya untuk mengurangi keausan engine dan meningkatkan umur komponen," ungkap Tonton Eko, GM Product Development PT IAMI.

Baca: Isuzu Siap Songsong Euro 4 untuk Kendaraan Diesel

Keandalannya, lanjut Tonton, ditentukan dengan menciptakan campuran bahan bakar / udara yang optimal dan memastikan bahwa panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran adalah konstan dan juga disemprotkan secara seragam.

Dia menambahkan, Isuzu merancang mesin common rail-nya agar mampu menghasilkan torsi maksimum pada putaran mesin rendah.

Baca: Ini Dia Empat Sopir Truk Isuzu Giga Pemenang Mimamori Driving Contest 2018

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas