Tribun Otomotif

Airlangga Hartarto: Indonesia Jadi Satu-satunya Produksi MPV di Dunia dan Telah Ekspor ke-70 Negara

Kendaraan MPV mampu menampung sebanyak tujuh orang dan diharapkan ke depan diubah menjadi kendaraan listrik.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Airlangga Hartarto: Indonesia Jadi Satu-satunya Produksi MPV di Dunia dan Telah Ekspor ke-70 Negara
Nitis Hawaroh
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto usai menghadiri acara Rapimnas Kadin 2022 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (2/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan, Indonesia merupakan negara satu-satunya memproduksi kendaraan multi guna (Multi Purpose Vehicle/MPV) di dunia.

Menurutnya, kendaraan yang diproduksi oleh Indonesia itu sudah melakukan ekspor ke 70 negara. Hal tersebut dia sampaikan dalam Rapimnas Kadin 2022 di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

"Tidak ada negara di dunia yang memproduksi MPV, hanya di Indonesia dan ini menjadi basis untuk ekspor ke lebih dari 70 negara," kata Airlangga.

Baca juga: Pasar Mobil Nasional Naik Tipis, Toyota Sebut Segmen Low MPV Mengalami Peningkatan

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, kendaraan MPV ini mampu menampung sebanyak tujuh orang. Dia juga meminta untuk merubah industri MPV menjadi Electric Vehicle (EV) atau kendaraan listrik.

Kata Airlangga, hal tersebut dinilai bakal menopang industri di Indonesia semakin besar.

"Thailand mengambil Sedan. Nah tentu perkembangan teknologi meningkat lebih besar lagi. Maka kita harus masuk ke industri komponennya," ucapnya.

Terakhir, Airlangga menegaskan, saat ini ketersediaan tenaga kerja tersedia secara masif. Hal tersebut lantaran Indonesia dinilai unggul terkait internal combustion engine atau mesin pembakaran dalam.

"Kalau rubah seluruhnya ke EV tentu ada pengurangan tenaga kerja. Nah ini yang harus kita balance-kan dan teknologi berkembang lagi," tegasnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas