Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yance Terbang Bersama Drum-drum

Kecelakaan laut dahsyat terjadi di Pelabuhan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Yance Terbang Bersama Drum-drum
Tribun Manado
Kapal Sumber Mutiara pengangkut 250 kilo ton BBM yang meledak di manado, Sabtu (4/1/2014) pagi 

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Kecelakaan laut dahsyat terjadi di Pelabuhan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Sabtu (4/1/2013) pagi. Sebuah kapal tanker MT Sumber Mutiara IX  yang mengangkut premium, solar dan minyak tanah sebanyak 700 kiloliter terbakar dan meledak keras. Kapal tersebut dinakhodai Rudolf Marthin.

Seorang saksi mata, Max Bawotong mengaku melihat dari awal peristiwa mengerikan itu. Kapal terlihat terbakar ketika jarum jam menunjuk pukul 07.47 Wita. Saat itu dia tengah membeli tiket Kapal Cepat Expres Bahari tujuan Tagulandang-Manado.

"Saat itu saya sedang membeli tiket tujuan Manado," kata Max Bawotong sesaat setelah tiba di Pelabuhan Manado, malam tadi.

Dia mengaku melihat kabel putus dari atas kapal tanker tersebut. Kedua ujung kabel tersebut pun jatuh ke atas drum-drum yang ada di atas kapal tanker. "Saya melihat api dan kemudian disusul ledakan," ungkapnya.

Kejadian itu begitu cepat. Max Bawotong melihat drum-drum terbang setinggi sekitar 50 meter. Tak hanya drum, dia pun melihat dua ABK yang diketahui bernama Olden Lala dan Yance Manapode, ikut terbang bersama drum-drum tersebut. Saat ini keduanya dinyatkan belum ditemukan.

"Saya tak melihat jatuh ke arah mana kedua orang itu, karena ikut terbang bersama drum-drum," ungkapnya.

Api pun semakin besar dan membakar dua mobil truk yang terparkir dekat kapal tanker. Dikatakannya, pada saat kejadian memang Tagulandang sedang ramai-ramainya. Ketika itu ada acara yang di hadiri Bupati Sitaro, Tonny Supit.

BERITA TERKAIT

Saksi mata lainnya, Jimmy Idrak bersama warga berlarian karena ketakutan ketika mendengar ledakan dahsyat.

"Keras sekali suara ledakan itu. Kaca-kaca goyang, suara ledakan kayak suara pesawat jatuh. Kita lari keluar saat lihat ada asap tebal dan lihat kapal sudah terbakar," kata Jimmy yang merupakan warga Tagulandang itu ketika tiba di Manado, malam tadi.

Ia mengatakan, jarak rumahnya dengan pelabuhan hanya sekitar 50 meter, sehingga saat terjadi ledakan, ia terkejut. Jimmy menambahkan, banyak warga sekitar juga ikut menyaksikan kapal terbakar.

"Di sana belum ada mobil khusus pemadam kebakaran, jadi disiram pakai mobil pemadam kebakaran dari Dinas Sosial dan dibantu warga. Ada juga Bapak Bupati yang lihat kebakaran. Kemudian juga banyak polisi," ujarnya.

Hingga pukul 20.00 Wita, api masih menyala. "Apinya masih menyala. Barusan saya telepon ke sana (Tagulandang), apinya masih ada," ucap Jimmy.

Hal yang sama dikatakan seorang warga Tagulandang lainnya, Swinli Maliyoga bahwa kondisi api sampai pukul 16.00 Wita masih besar. Polisi langsung menutup area pelabuhan.

" Kapal tak bisa merapat. Kita naik kapal cepat Express Bahari, kondisi pelabuhan Tagulandang masih tertutup dan kapal masih terbakar," ungkap Swinli.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas