Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Kota Lama Malang Kecele Dana PSKS Tunggu Kedatangan Jokowi

Warga Kelurahan Kota Lama baru bisa mendapat bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) bersamaan kedatangan Presiden Jokowi, 27 April 2015.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Warga Kota Lama Malang Kecele Dana PSKS Tunggu Kedatangan Jokowi
Reuters
Presiden Joko Widodo di pabrik mobil Proton Malaysia. 

Laporan Wartawan Surya, Samsul Hadi

TRIBUNNEWS.COM, MALANG - Warga Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, kecele saat mengambil dana bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di Kantor Pos Malang, Jawa Timur, Rabu (15/4/2015).

Wakil Kepala Kantor Pos Malang, Djoko Tjiptono, mengatakan pencairan dana PSKS untuk warga Kelurahan Kota Lama berbarengan dengan kedatangan Presiden Joko Widodo ke Kota Malang pada 27 April 2015.

Kunjungan Jokowi ke Kota Malang untuk menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke warga Kelurahan Kota Lama.

Djoko menambahkan penundaan pencairan dana PSKS untuk warga Kelurahan Kota Lama berdasarkan informasi dari Kantor Pos Pusat. Mereka memastikan pencairan dana dilakukan 27 April 2015 bersamaan dengan kedatangan Presiden Jokowi.

"Seharusnya pencairan dana PSKS untuk warga Kota Lama juga hari ini. Tetapi, karena ada informasi itu dari pusat akhirnya ditunda 27 April. Katanya selain membagikan KIP, KIS, dan KKS, Presiden juga menyerahkan dana PSKS," kata Djoko.

Menurut Djoko warga Kota Lama yang menerima dana PSKS sebanyak 891 orang. Kantor Pos sudah memberikan surat pemberitahuan penundaan pencairan dana PSKS untuk warga Kota Lama ke kantor kelurahan.

BERITA TERKAIT

"Tapi masih banyak warga Kota Lama yang datang ke Kantor Pos untuk mengambil dana PSKS. Kami beri tahu bahwa pencairannya 27 April. Kami juga memasang pengumuman di Kantor Pos," ujarnya.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Malang, Pipih Tri Astuti, tidak bisa memastikan apakah Presiden Jokowi jadi datang ke Kota Malang pada 27 April 2015. Tapi ia menerima kabar Jokowi datang ke Kota Malang untuk membagikan KIP, KIS, dan KKS.

"Maka dari itu, pencairan dana PSKS untuk warga Kota Lama ditunda 27 April 2015. Rencananya mau diserahkan oleh Presiden," katanya.

Lurah Kota Lama, Sukamto, mengatakan pemberitahuan penundaan pencairan dana PSKS untuk warga Kota Lama mendadak, tepatnya Senin (13/4/2015). "Itu pun masih simpang siur, belum ada kepastian soal penundaan pencairan," katanya.

Sementara kepastian informasi penundaan pencairan dana PKS baru diterima kelurahan, Selasa (14/4/2015). Setelah perwakilan Kantor Pos datang langsung ke kantor kelurahan untuk memastikan kabar penundaan pencairan dana PSKS ini.

"Karena waktunya mepet, kami tidak bisa mengumpulkan RT dan RW. Akhirnya sosialisasinya secara getok tular dari mulut ke mulut," ujarnya.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas