Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangdam VI Mulawarman: Inisiatif Serangan Ada di Pihak Teroris

"Tindakan terorisme mencari kelemahan kita disetiap waktu, karena inisiatif serangan ada di pihak teroris, selalu waspada dan jangan pernah lengah,"

Penulis: Ahmad Sidik
Editor: Y Gustaman
Tribun Kaltim/Ahmad Sidik
Pejabat Kodam VI Mulawarman mengecek kesiapan tim penanggulangan teror di halaman Makodam VI Mulawarman, Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu (16/1/2016).
Tribun Kaltim/Ahmad Sidik
Pejabat Kodam VI Mulawarman mengecek kesiapan tim penanggulangan teror di halaman Makodam VI Mulawarman, Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu (16/1/2016).

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Ahmad Sidik

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Menanggapi aksi teror di beberapa wilayah di Indonesia akhir-akhir ini, Komando Militer VI Mulawarman menggelar apel kesiapsiagaan.

Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono di Makodam VI Mulawarman, Balikpapan, Sabtu (16/1/2016), berpesan kepada seluruh anggotanya untuk selalu waspada agar tidak ada celah bagi para pelaku teror beraksi.

"Tindakan terorisme mencari kelemahan kita disetiap waktu, karena inisiatif serangan ada di pihak teroris, selalu waspada dan jangan pernah lengah," ujar Benny.

Ia menegaskan pelaku teror tak pernah surut mencari kelemahan musuh, bahkan akhir-akhir ini sudah berani menyerang pos-pos keamanan.

Seperti terjadi di Pos Polisi Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2016), pelaku teror tidak ragu bahkan meledakkan bom.

Menanggapi hal tersebut Kodam VI Mulawarman mengeluarkan pasukan penangulangan teror yang siap memberantas aksi terorisme di wilayah Kodam VI Mulawarman.

BERITA TERKAIT

Terorisme yang terjadi di Indonesia ada hubungannya dengan yang terjadi di luar negeri.

"Seperti yang terjadi di Thailand, Philipina bahkan Suriah semua ada hubungannya. Satu jam setelah serangan bom Sarinah ISIS mengklaim bertanggungjawab atas serangan bom di Sarinah," ungkap dia.

Di hadapan sekitar 108 personel terdiri dari Batalion 600 Raider, Gultor 600 Raider, Jihandak, Zipur 17 Ananta Darma, satu pleton Polisi Militer, dan Kompi pengawal, Pangdam VI Mulawarman berpesan agar kewaspadaan, sinergitas dengan masyarakat, dan kemampuan menghadapi aksi teror ditingkatkan.

"Saya mengingatkan kembali kepada pasukan agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Kita harus siap menghadapi aksi teror," tegas Benny.

Tak lupa Benny mengajak tokoh agama, adat dan masyarakat dapat bersinergi melakukan deteksi dini terhadap munculnya gejala terorisme di lingkungan masing masing.

"Memang tim gultor yang ada di sini bukanlah tim utama. Karena tim gultor yang biasa bertugas sedang berada di Jayapura. Tim gultor yang ada sekarang akan ditingkatkan kemampuannya," ujar Pangdam.

Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas