Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puting Beliung dan Tanah Longsor Terjang Temanggung

"Di kawasan jalur utama Kranggan-Temanggung, ada beberapa pohon tumbang. Arus lalu lintas sempat macet hingga satu jam."

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Puting Beliung dan Tanah Longsor Terjang Temanggung
TRIBUN JATENG/DANIEL ARI PURNOMO
Pohon dan beberapa bangunan di Dusun Kenalan, Desa Kranggan, Kecamatan Kranggan, Temanggung, ambruk dan rusak akibat serangan puting beliung dan tanah longsor, Minggu (5/3/2017) sekitar pukul 15.00 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Daniel Ari Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Hujan disertai angin kencang atau disebut puting beliung memorak-porandakan sejumlah pohon dan beberapa bangunan di wilayah Dusun Kenalan, Desa Kranggan, Kecamatan Kranggan, Temanggung, Minggu (5/3/2017) sekitar pukul15.00 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Temanggung, Agus Sudaryono mengatakan ada tiga wilayah yang terdampak.

Wilayah jalur utama jalan raya Kranggan-Temanggung, jalan raya Kranggan-Kaloran, dan Dusun Kaloran RT 02 RW 03.

"Di kawasan jalur utama Kranggan-Temanggung, ada beberapa pohon tumbang. Arus lalu lintas sempat macet hingga satu jam," terangnya.

Sedangkan di wilayah jalan raya Kranggan-Kaloran, sejumlah pohon tumbang mengenai jaringan PLN dan Telkom.

Masih di wilayah yang sama, satu unit mobil angkudes ringsek tertimpa pohon. Mobil kuning berpelat AA 1317 AB itu berpenumpang 10 siswa rombongan TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran). Untungnya, semua penumpang selamat.

BERITA TERKAIT

"Kalau di wilayah Dusun Kenalan RT 02 RW 03, angin merusak bangunan dan menumbangkan pohon. Ada satu unit rumah yang terdampak, milik pak Purwanto," imbuh Agus.

Puting beliung tumbangkan pohon di Temanggung
pohon dan beberapa bangunan di wilayah Dusun Kenalan, Desa Kranggan, Kecamatan Kranggan, Temanggung, Minggu (5/3/2017) sekitar pukul15.00 WIB

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Sejumlah upaya yang dilakukan anggota BPBD Temanggung adalah melakukan pemotongan batang pohon yang tumbang.

Selain puting beliung, peristiwa tanah longsor terjadi di dua lokasi Dusun Kedawung, Karangwuni, Pringsurat, Temanggung.

Lokasi pertama di Dusun Kedawung. Tebing sepanjang 25 meter dan ketinggian 15 meter longsor menimpa bangunan rumah dan kandang, milik Agus Sutaryo (62).

"Tiga kambing mati, kerugian materiil sekitar Rp 15 juta," katanya.

Lokasi kedua yakni tanah longsor sepanjang 30 meter dan tinggi 10 meter menimpa bangunan rumah Suyoni (60) di Dusun Kedawung 2. Kerugian materiil diperkirakan sekitar Rp 5 juta.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas