Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pengedar Uang Palsu Resahkan Warga di HSS, Begini Modusnya

Pemilik kios yang tak teliti memberikan kembalian, selanjutnya baru sadar ada yang aneh dengan uang yang diserahkan pembeli tak dikenal tersebut

Pengedar Uang Palsu Resahkan Warga di HSS, Begini Modusnya
Dokumentasi Tribun Jateng
Ilustrasi uang palsu. 

Laporan Wartawan Banjarmasin Post Hanani  

TRIBUNNEWS.COM,  KANDANGAN -  Sejumlah pemilik warung dan kios di Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dibuat resah.

Pasalnya, pengedar uang palsu berkeliaran.

Pelaku berbelanja membeli suatu barang dalam jumlah sedikit, lalu menyerahkan uang pecahan 50 ribu.

Pemilik kios yang tak teliti memberikan kembalian, selanjutnya baru sadar ada yang aneh dengan uang yang diserahkan pembeli  tak dikenal tersebut.

Informasi yang diperoleh banjarmasinpost.co.id, aksi pengedar uang palsu tersebut terjadi Minggu 27 Oktober 2019 lalu di Desa Pandak Daun. Dua perempuan menggunakan sepeda motor mampir kesebuah warung.

Perempuan tersebut selain pakai helm, wajahnya ditutup masker, dan banyak membawa barang belanjaan.

DI warung Desa Pandak Daun itu, dua perempuan tersebut belanja sesuatu Rp 8.000, lalu menyerahkan uang pecahan Rp 50.000 kepada pemilik warung.

 “Saat hendak menyerahkan kembaliannya, istri pemilik kios langsung mencegah karena mengenali itu uang palsu. Akhirnya uang palsu itu dikembalikan kepada perempuan tadi. Saat ditanya, mereka berdua pura-pura tidak tahu, dan bilang dikasih suaminya yang baru gajian. Dia juga menujunjukkan uang lainnya dalam dompet yang jumlahnya cukup banyak.  Tapi tidak jadi membeli di warung tetangga saya tadi,”ungkap Husen, warga Pandak Daun.

Selain di Pandak Daun,  kasus yang sama terjadi di Desa Baruh Kemban. Pelaku yang diduga pengedar uang palsu  belanja ke sebuah kios di desa tersebut Rp 5.000 dan menyerahkan Rp 100 ribu.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas