Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menuju New Normal, Bali Hanya Menerima Penumpang dengan Hasil Negatif dari Uji Swab Berbasis PCR

Bali hanya menerima penumpang yang melakukan perjalanan melalui angkutan darat, laut dan udara dengan hasil negatif dari uji swab berbasis PCR.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menuju New Normal, Bali Hanya Menerima Penumpang dengan Hasil Negatif dari Uji Swab Berbasis PCR
Istimewa
Dirjen Hubud Tinjau Penerapan PM 25/2020 di Bandara Ngurah Rai dan Kesiapan Bali Menuju New Normal, Jumat (29/5/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, MANGUPURA - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto melakukan peninjauan untuk memastikan operasional penerbangan dari dan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjelang penerapan New Normal.

Novie Riyanto mengatakan Bali telah melakukan persiapan untuk masuk pada masa kenormalan baru dengan mengikuti ketentuan dan protokol kesehatan yang berlaku.

Pada era Kenormalan Baru bagi penumpang yang hendak masuk ke Bali melalui Bandara International I Gusti Ngurah Rai Bali hendaknya harus mempersiapkan diri dengan surat keterangan negatif uji swab berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Pada masa Kenormalan Baru di Bali, setiap calon penumpang pesawat udara wajib memenuhi persyaratan yang disampaikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang tertuang dengan Surat Edaran No 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau selanjutnya disebut SE No 5/2020," jelas Dirjen Novie, Jumat (29/5/2020) melalui rilisnya.

Baca: Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Balik Idul Fitri, Kemenhub Perketat Pengawasan Jalur Darat

Sebelum melakukan peninjauan di bandara, Dirjen Perhubungan Udara telah melakukan pertemuan dengan Gubernur Bali, I Wayan Koster di Denpasar.

Dalam pertemuan tersebut Kementerian Perhubungan mendukung keinginan Pemerintah Provinsi Bali dalam upaya mengembalikan potensi pariwisata dan perekonomian di Bali dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan utk mencegah penyebaran Covid 19, dalam kegiatan pelayanan jasa transportasi baik moda darat, laut dan udara.

Sejumlah pintu masuk menuju Bali termasuk bandara dilakukan pengawasan.

BERITA TERKAIT

Bali hanya menerima penumpang yang melakukan perjalanan melalui angkutan darat, laut dan udara dengan hasil negatif dari uji swab berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dikeluarkan oleh Laboratorium/Rumah Sakit Pemerintah yang dirujuk oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Baca: Total Denda Belasan Ribu Pelanggar PSBB di Jakarta Mencapai Hampir Rp 600 Juta

"Kami berharap penerapan PM 25/2020 dapat diterapkan, serta kami mengimbau agar para penumpang untuk mematuhi seluruh persyaratan yang diatur dalam SE Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sehingga angkutan darat, laut dan udara menjadi selamat, aman dan nyaman," imbuh Dirjen Novie.

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Bandara Ngurah Rai Bali Bersiap Menuju Penerapan New Normal

Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas