Tribun

Ingin Pengalaman Wisata Tak Terlupakan, Saatnya Jelajahi Hidden Gem di Kabupaten Gunungkidul

Saat ini Pemerintah Gunungkidul sedang melakukan sebuah kegiatan branding dengan Campaign #IniGunungkidul – The Ultimate Hidden Gem.

Editor: Content Writer
zoom-in Ingin Pengalaman Wisata Tak Terlupakan, Saatnya Jelajahi Hidden Gem di Kabupaten Gunungkidul
TRIBUNJOGJA.COM/Wisang Seto Pangaribowo
Pantai Nglolang, surga tersembunyi di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 

TRIBUNNEWS.COM - Gunungkidul merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Pusat pemerintahannya sendiri berada di Kapanewon Wonosari.

Saat ini Pemerintah Gunungkidul sedang melakukan sebuah kegiatan branding dengan Campaign #IniGunungkidul – The Ultimate Hidden Gem.

Tentunya kegiatan branding ini dilaksanakan sebagai langkah Pemerintah Gunungkidul untuk berpromosi sekaligus meningkatkan daya tarik wisatawan guna merasakan pengalaman berwisata dengan sentuhan sumber daya Gunungkidul yang terkenal akan kekayaan serta keindahannya.

Konsep Campaign #IniGunungkidul – The Ultimate Hidden Gem ialah mengangkat berbagai sumber daya Gunungkidul yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan pada umumnya. Campaign kali ini mengangkat tiga pilar utama sebagai landasannya.

Pilar yang pertama ialah Investasi. Pilar pertama ini berisi mengenai berbagai investasi serta pembangunan Gunungkidul selama ini.

Selain menunjukkan perkembangan serta capaian Pemerintah Gunungkidul dalam berbagai pembangunan yang telah dilakukan, tujuan dari pilar pertama ini juga ingin menarik investor yang tertarik untuk berinvestasi demi terciptanya ekosistem Gunungkidul yang lebih maju melalui campaign ini.

Pilar Kedua ialah mengembangkan ekonomi kreatif melalui usaha mikro, kecil dan menegah (UMKM). Melalui campaign ini, diharapkan bahwa wisatawan tidak hanya mengetahui Gunungkidul yang memang sudah terkenal akan sumber daya alamnya yang indah, melainkan juga terciptanya awareness terhadap berbagai UMKM yang sangat menarik untuk dikunjungi saat berwisata ke Gunungkidul.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyampaikan, banyaknya UMKM ini karena menunjang sektor pariwisata di Gunungkidul. Dengan peningkatan jumlah wisatawan, maka UMKM kemudian tumbuh dengan baik.

Menurutnya, ada sekitar 30.000 ribu usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM yang ada di daerahnya. Dari jumlah itu, cukup banyak yang memiliki kekhasan. Terutama yang menjual berbagai macam produk hasil pertanian.

“Di Gunungkidul UMKM sangat banyak. Ada sekitar 30.000 jumlahnya. Khasnya juga banyak. Salah satunya yang berbahan bakunya dari singkong. Kemudian dari umbi-umbian. Itu sangat banyak sekali,” katanya.

Setelah sempat terdampak pandemi Covid-19, Sunaryanta yakin UMKM di sektor pariwisata mulai bangkit kembali. Sektor ini masih memiliki potensi besar yang perlu digali. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan mendorong pelaku UMKM untuk ikut masuk dalam pasar digital.

Meski penjualan secara langsung saat ini sudah sangat baik, tapi pada era transformasi digital saat ini, perlu dengan cepat memperkenalkan pelaku UMKM untuk mengenal digital.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan menyiapkan infrastruktur digital guna mendorong pengembangan UMKM. Tentu dengan memberikan pelatihan dan pendampingan tentang digital.

“Pada era transformasi digital dan berada di tengah-tengah ekonomi digital, kita pasti menghadirkan itu. Masyarakat dan para pelaku UMKM perlu mengenal digital,” ujarnya.

Kemudian Pilar Ketiga atau yang terakhir ialah Pariwisata. Walaupun banyaknya destinasi wisata di Gunungkidul tidak diragukan lagi keindahannya, namun dalam Campaign IniGunungkidul – The Ultimate Hidden Gem kali ini, Gunungkidul kembali memperkenalkan beberapa destinasi wisata indah yang belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Karena itu pengembangan dan memaksimalkan kunjungan wisatawan akan terus dilakukan, terutama untuk pariwisata minat khusus.

“Kami akan meningkatkan kualitas akses menuju tempat wisata. Termasuk memperkuat promosi wisatanya ke publik dengan branding digital,” ujarnya.

Campaign ini sendiri memiliki tiga tagar utama sebagai penunjang berkembangnya konten IniGunungkidul kepada masyarakat luas. Yaitu #ayokegunungkidul, #inibaruliburan, dan #inibarupantai. Campaign ini berlangsung dari pertengahan Agustus hingga Desember 2022.

Ayo ke Gunungkidul dan rasakan berjuta pengalaman tak terlupakan bersama orang tercinta.(*)

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas