Tribun

Gempa Berpusat di Cianjur

8 Korban Gempa Bumi Belum DItemukan, Mulai Besok Upaya Menjadi Pasif dan Gunakan Alat Berat

tim SAR ada nantinya hanya standby di lokasi pencarian dan mengarahkan kinerja alat berat sudah teridentifikasi, tim yang akan langsung mengevakuasi

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in 8 Korban Gempa Bumi Belum DItemukan, Mulai Besok Upaya Menjadi Pasif dan Gunakan Alat Berat
Tribun Jabar/Adi Ramadhan
Satu jenazah korban gempa Cianjur kembali ditemukan tim Basarnas, Sabtu (3/12/2022) pagi silam - Proses pencarian delapan orang hilang akibat gempa bumi di Kampung Cijedil, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur akan dilakukan hingga Selasa (20/12/2022). Pencarian akan dilakukan secara pasif dan mengutamakan alat berat. 

Laporan Kontributor Kabupaten Cianjur, Fauzi Noviandi

TRIBUNNEWS.COM, CIANJUR - Proses pencarian delapan orang hilang akibat gempa bumi di Kampung Cijedil, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur akan dilakukan hingga Selasa (20/12/2022).

Pencarian akan dilakukan secara pasif dan mengutamakan alat berat.

Kepala Basarnas Bandung, Jumaril  mengatakan, tahapan operasi sesuai aturan yaitu selama tujuh hari hingga perpanjangan 3x3 hari upaya pencarian telah dilakukan. 

"Operasi SAR ini tentu tidak kami hentikan begitu saja.

Setelah operasi SAR secara masif dilakukan hingga saat ini, masih ada delapan orang yang masih dalam pencarian," kata Jumaril pada wartawan saat konferensi pers di Pendopo Cianjur, Selasa (6/12/2022). 

Baca juga: Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat, Kalbe Dan LL Dikti Bantu Korban Gempa kabupaten Cianjur

Metode pencarian akan berubah dari sebelumnya masif jadi pasif menggunakan alat berat mulai Rabu (7/12/2022).

"Sedangkan tim SAR ada nantinya hanya standby di lokasi pencarian dan mengarahkan kinerja alat berat.

Jadi nanti ketika memang sudah teridentifikasi, tim yang akan langsung mengevakuasinya," ucapnya. 

Jumaril mengatakan, terkait perubahan metode pencarian maka ada pengurangan personel dan peralatan Basarnas namun masih ada tim yang berada di lokasi pencarian. 

 "Kita mulai mengurangi sumber daya karena pemerintah daerah akan mulai melanjutkan proses tahapan selanjutnya, seperti rehabilitasi pascagempa bumi," katanya. 

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Pencarian Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur Dilakukan hingga 20 Desember, Utamakan Alat Berat

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas