Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIRAL Pengobatan Tulang Ala Ida Dayak di Bireuen, Pasien Dilayani Cepat dan Ini Sosok Bang Man

Praktik pengobatan ini sudah lama dibuka di sebuah balai dekat rumah Bang Man dan selalu ramai dikunjungi warga berobat karena memang sudah terkenal

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in VIRAL Pengobatan Tulang Ala Ida Dayak di Bireuen, Pasien Dilayani Cepat dan Ini Sosok Bang Man
SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Bang Man sedang mengurut seorang anak yang sedang digendong ayahnya di dekat balai pengobatan komplek rumahnya Desa Samuti Makmur, Gandapura Bireuen, Sabtu (8/4/2023) 

Laporan Wartawan Serambi Indonesia Yusmandin Idris

TRIBUNNEWS.COM, BIREUEN – Tidak hanya Ida Dayak yang bikin heboh dengan  pengobatan tulang secara tradisionalnya, di Aceh ternyata ada warga yang memiliki kemampuan serupa.

Pengobatan tradisional bagi pasien terkilir, patah dan sejenisnya dilayani oleh seorang pria bernama Salman atau lebih dikenal Bang Man (50), warga Desa Samuti Makmur, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen.

Praktik pengobatan ini sebetulnya sudah lama dibuka di sebuah balai dekat rumahnya dan selalu ramai dikunjungi warga berobat karena memang sudah terkenal sejak dulu sebelum ada HP, apalagi smartphone dan media sosial. 

Namun, pengobatan itu baru-baru ini viral di media sosial, setelah video pengobatan oleh Bang Man diposting di Akun TikTok @acehviral berjudul " Bang Man Urot Gandapura - Bireuen"

Dalam video berdurasi 1 menit, 16 detik itu, pasien dengan keluhan terkilir mulai orang tua hingga anak-anak dalam gendongan orang tuanya sangat ramai antre sambil berdiri.

Baca juga: Benarkah Ada Sosok Gaib yang Bantu Ida Dayak saat Obati Warga? Berikut Penjelasan Spiritualis

Mereka satu persatu dilayani cepat dan santai oleh Bang Man dan terlihat pasien pun tak terlalu kesakitan, bukan seperti biasa setiap pasien tampak kesakitan saat diurut.

BERITA TERKAIT

Selesai diurut secara cepat itu, pasien pun sepertinya memasukkan uang ke kantong baju Bang Man, yang sama sekali tak dilihatnya karena dia terus melanjutkan melayani pasien lain. 

Video itu pun banyak ditanggapi positif oleh warganet, ada juga yang menyebut Ida Dayak dari Aceh.

Lokasi atau rumah Bang Man yang melayani urut terkilir/patah dan sejenisnya ini sekitar 2 Km arah utara SPBU Simpang Leubu. 

Dijumpai Serambinews.com di lokasi praktiknya, Sabtu (8/4/2023), Bang Man mengaku hanya menjalan habluminannas (hubungan baik dengan manusia) dan
kesembuhan pasien adalah habluminallah (hubungan yang baik dengan Allah).

"Intinya melakukan upaya mengurut sesuai kemampuan, sedangkan yang menyembuhkan hanya Allah," ujarnya singkat.

Salah seorang keluarga dekat Salman kepada Serambinews.com mengatakan, Salman menjalankan pekerjaannya mengurut sudah turun temurun dari orang tuanya almarhum Tgk M Nur. 

Salman kecil sudah mulai mendampingi orang tuanya mengurut warga terkilir dan sejenisnya itu sejak berusia 13 tahun, sejak itu ia mulai membantu mengurut bersama orang tuanya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas