Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kisah Inspiratif Asli Indonesia

Asli Karya Anak Bangsa! Alwy Herfian Sukses Bangun Bisnis AI di Indonesia

Di usianya yang masih terbilang muda, Alwy Herfian Satriatama (26) sudah mampu memimpin startup berbasis teknologi artificial intelligence (AI) bernam

Asli Karya Anak Bangsa! Alwy Herfian Sukses Bangun Bisnis AI di Indonesia
ISTIMEWA
Alwy Herfian Satriatama (26), sosok yang mendirikan startup berbasis teknologi artificial intelligence (AI) bernama Widya Robotics. 

TRIBUNNEWS.COM - Di usianya yang masih terbilang muda, Alwy Herfian Satriatama (26) sudah mampu memimpin startup berbasis teknologi artificial intelligence (AI) bernama Widya Robotics yang bermarkas di Sleman, Yogyakarta.   

Kisah inspirasi asli Indonesia yang dimiliki oleh pria kelahiran Gunungkidul itu dimulai pada tahun 2013 lalu, saat dirinya menyadari pentingnya teknologi untuk kemajuan negeri.

Setelah itu, ia tidak langsung mendirikan perusahaan Widya Robotics. Namun, waktu demi waktu, ia belajar bagaimana strategi berbisnis sembari mendalami teknologi. Terlebih, Alwy mengaku tak memiliki begron bisnis atau wirausaha sama sekali.    

“Orang tuaku adalah guru dan tidak memiliki background bisnis. Namun pada tahun tersebut (2014) selama dua tahun, aku mencoba berbisnis kecil-kecilan mulai dari jual pulsa, tas, hingga kaos. Dari modal itulah kemudian dimanfaatkan untuk memulai bisnis dalam bidang teknologi sederhana,” ujar Alwy. 

Tahun 2018, momen pahit manis lahirnya Widya Robotics

Empat tahun berselang, tepatnya pada 2018, upaya Alwy membangun bisnis teknologi membuahkan hasil yang tidak mengecewakan. Ia pun turut menggandeng teman-temannya untuk menjalankan bisnis teknologi sederhana, yakni servis alat elektronik.

Namun, kala itu, meski menggaet banyak klien, banyaknya pesanan tidak sebanding dengan pendapatan yang mereka dapatkan.

Kendala tersebut pada akhirnya membuat teman-temannya setelah lulus memutuskan untuk keluar dari usaha mandiri yang telah dibangun bersama. 

Alwy mengatakan, momen tersebut terjadi karena teman-temannya memilih untuk bekerja di perusahaan yang lebih besar ketimbang bisnis yang telah dirintis bersama.

Ia menghormati keputusan yang telah diambil oleh teman-temannya. Justru hal itulah yang membuat pria yang hobi mendaki gunung ini memiliki tekad kuat untuk merintis bisnisnya sendirian.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas