Tribun Sport

Zainudin Amali: Rencananya Kemenpora Serahkan Bonus Tim Thomas Cup Indonesia ke PBSI

Zainudin Amali mengatakan bonus untuk tim bulutangkis Indonesia yang berhasil menjuarai Piala Thomas Cup sebenarnya sudah direncanakan.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Zainudin Amali: Rencananya Kemenpora Serahkan Bonus Tim Thomas Cup Indonesia ke PBSI
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Tim Thomas Cup Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bonus untuk tim bulutangkis Indonesia yang berhasil menjuarai Piala Thomas Cup sebenarnya sudah direncanakan.

Bahkan, rencana pemberian bonus tadinya akan langsung diberikan Presiden Joko Widodo di Istana Negara seperti yang dilakukan kepada atlet Olimpiade dan Paralimpiade lalu.

Rencana tersebut tak bisa terlaksana lantaran setelah Thomas Cup, para atlet bulutangkis Indonesia masih harus mengikuti kejuaraan di Eropa dan begitu kembali ke Indonesia juga langsung mengikuti tiga kejuaraan sekaligus dan hingga kini belum usai.

“Jadi begini, sebenarnya kita itu merencanakan tim Thomas ini setelah selesai semua rangkaian kegiatan mereka untuk bisa diterima bapak Presiden di Istana seperti pada saat Olimpiade dan Paralimpiade, tapi masih kegiatan series yang dihadapi para atlet kita sehingga itu belum bisa dilakukan, pas tiba di indonesia mereka juga harus ikuti tiga kejuaraan di Bali,” kata Menpora dalam konferensi pers secara daring, Sabtu (4/11/2021.

“Kemudian secara kebetulan Bapak Presiden yang ada kegiatan di Bali hadir ke pelaksana bulutangkis dan bertemu dengan tim piala Thomas. Karen Bapak Presiden sudah bertemu dengan tim yang ada di Bali maka tentu rencana ke istana itu saya kira kan tidak mungkin bertemu lebih dari satu kali dalam satu kegiatan,” lanjut Menpora.

“Setelah saya rapat koordinasi di internal maka kami putuskan untuk pemberian apresiasi dari pemerintah dalam bentuk bonus,” jelasnya.

Menpora juga menjelaskan dalam pemberian bonus ini pihaknya juga turut berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan.

Presiden Joko Widodo bersama dengan Menpora Zainudin Amali
Presiden Joko Widodo bersama dengan Menpora Zainudin Amali (Abdul Majid/Tribunnews.com)

Ia tak ingin nantinya malah menjadi temuan apabila ada pengeluaran yang tidak sesuai.

Setelah mendapatkan persetujuan, Kemenpora akan memberikan bonus tim Thomas Cup kepada PBSI pada Selasa atau Rabu pekan depan.

“Saya harus  hati-hati karena ini menyangkut keuangan negara saya tidak mau salah kalau ternyata dalam aturan kita tidak begitu cukup jelas, kami juga konsultasi dengan Kementerian Keuangan kaitan dengan apresiasi ini,” kata Menpora

Zainudin Amali
Zainudin Amali (tribunnews.com/majid)

“Akhirnya kami putuskan untuk tim Thomas kami berikan bonus tapi tentu kami akan  berikan kepada federasi biar mereka yang atur karena ini kan tim bukan perorangan,”

“Nah penyerahannya kami rencanakan kalau tidak Selasa atau hari Rabu minggu depan bersama dengan kami akan serahkan penerima Satya lencana ada lima orang mantan atlet,” pungkasnya.

seperti diketahui, polemik soal bonus Thomas Cup 2020 mulai jadi perbincangan saat atlet Jonatan Christie menyindir soal bonus pada akun instagram pribadinya.

Sontak hal itu pun jadi pembicaraan hingga akhirnya hari ini Menpora Amali menjelaskan bahwa bonus itu ada dan siap diberikan.

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas