Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Keragaman Etnis Meluas Sejak Akhir Zaman Es dan Daratan Sunda Terpecah-pecah

Populasi manusia modern telah tinggal di Cina Selatan dalam waktu yang lama, sejak sebelum pemanasan global di akhir Zaman Es.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Keragaman Etnis Meluas Sejak Akhir Zaman Es dan Daratan Sunda Terpecah-pecah
Travel Kompas/Bary Kusuma
Kawasan wisata karst Leang-leang di Maros, Sulawesi Selatan. Di area ini terdapat gua-gua yang jadi shelter atau hunian kelompok manusia prasejarah. 

OLEH : RUSYAD ADI SURIYANTO, Staf Pengajar Laboratorium Bioantropologi dan Paleoantropologi, dan Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, FK-KMK UGM

DARATAN Sunda terpecah-pecah saat terjadi kenaikan permukaan laut pada akhir Zaman Es, sekitar 15.000 – 7.000 tahun yang lalu.

Di kawasan ini ada kekuatan utama yang mampu membentuk keragaman manusia modern di wilayah ini.

Bila ditarik garis tegas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa populasi manusia modern ini telah tinggal di Cina Selatan dalam waktu yang lama.

Selanjutnya menyebar ke kawasan-kawasan di sekitarnya dengan ragam variasinya oleh perjalanan waktu dan penghadapanya dengan perubahan-perubahan lingkungan kurun tersebut.

Dalam tafsiran Oppenheimer dikatakan sebagai variabilitas osteologisnya telah ditunjukkan oleh sisa-sisa manusia akhir Pleistosen sampai awal Holosen Kawasan ini. Jadi, inilah yang dapat dimaknai sebagai politipisme dan polimorfisme populasi di kawasan ini.

Sebuah rangka manusia laki-laki yang dikenal sebagai "Perak Man" telah berhasil digali dari situs kubur Gua Gunung Runtuh (Malaysia) yang menunjukkan afinitas rasial Australomelanesoid, dan pertanggalan radiokarbonnya memastikan antikuitasnya 10.120 ± 110 BP.

BERITA TERKAIT

Temuan-temuan lainnya yang masih dianggap seperiode, seperti dari Tamiang, Langkat dan populasi-populasi gua di Jawa Timur, serta sebelumnya dari Tampong (Laos), Gua Cha dan Guar Kepah (Semenanjung Malaysia), telah dilaporkan menunjukkan karakteristik Australomelanesoid.

Sisa-sisa manusia termuda dari situs pemakaman Wajak (Tulungagung, Jawa Timur) berantikuitas 6.560 BP, sedangkan yang tertua berantikuitas 10.560 BP berdasarkan konteks faunal dalam lapisan temuan-temuannya.

Belakangan temuan Wajak itu diteliti ulang, dan menghasilkan temuan yang menunjukkan umur minimal 28,5 – 37,4 ribu tahun yang lalu.

Paleoantropolog dan arkeolog Bulbeck berdasarkan pada pertimbanganpertimbangannya yang paling  baru untuk situs Guar Kepah telah mengusulkan Holosen tengah yakni sekitar 4.000 – 5.000 tahun lalu.

Gambar cadas prasejarah dalam gua di Solok, Sumatera Barat.
Gambar cadas prasejarah dalam gua di Solok, Sumatera Barat. (IST/BPCB Sumbar)

Selain itu, dengan interpretasinya yang hati-hati, dia tidak dapat memastikan afinitasnya apakah tergolong Australomelanesoid atau Mongoloid, namun dia menegaskan mereka sudah melakukan ekonomi Neolitik, dan karena itu, mereka memperlihatkan karakteristik-karakteristik morfologis yang lebih gracile (mungil dan halus).

Arkeolog Bellwood telah menggunakan kajian perbandingan-perbandingan linguistik untuk mengusulkan dua migrasi prasejarah utama di dalam kawasan Asia Tenggara.

Yakni migrasi Australoid kuno dari Kepulauan Indo-Malaysia yang menetap di Australia dan Papua Nugini sekitar 40.000 BP, dan migrasi Mongoloid Selatan yang lebih baru atau Austronesia yang berasal dari Propinsi Fujian atau Zhejian (Cina) dan menetap di pelbagai wilayah daratan dan kepulauan Asia Tenggara sekitar 4.000 – 6.000 BP.

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas