News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dorong Pencegahan Bencana di Wilayah Tambang, PPA Gelar IFRC ke 21 di Kaltim

Penulis: Sanusi
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Inspektur tambang dan jajaran, Bod PPA, dan peserta saat TM dan workshop 21st IFRC

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesian Fire and Rescue Challenge (IFRC) ke 21 tahun ini diselenggarakan di Gedung Garuda Rescue Nusantara (GRN), Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan PT Putra Perkasa Abadi (PPA) sebagai tuan rumah.

IFRC sendiri merupakan kompetensi bergengsi nasional pada bidang penyelamatan yang diikuti oleh 26 Emergency Response Team perwakilan perusahaan tambang dari seluruh Indonesia. Sebelum kompetisi dimulai, perwakilan peserta mengikuti kegiatan Technical Meeting and Workshop yang berlangsung mulai 26 Juli-30 Juli 2024.

Kegiatan Technical Meeting (TM) and Workshop dibuka secara resmi oleh Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Hendra Gunawan.

Hendra mengatakan setiap perusahaan pertambangan wajib memiliki tim tanggap darurat di internal, sebagai upaya pencegahan bencana. Tidak hanya bermanfaat untuk internal, tim tersebut juga harus siap membantu misi kemanusiaan di sekitarnya, baik skala lokal, regional bahkan nasional.

Baca juga: Terima Izin Tambang, Muhammadiyah Janji Tak Kejar Keuntungan & akan Kembalikan Jika Tak Pro-Keadilan

“Jadi kami pemerintah sangat mendukung kegiatan ini karena banyak memiliki manfaat, baik untuk pencegahan maupun kesiapsiagaan terhadap bencana, Sebab bencana tidak diharapkan, jadi itu lah kenapa kami sangat mendukung kegiatan ini karena banyak memiliki sisi positif," ujar Hendra.

Sementara itu, Direktur PPA, R teguh Saptosubroto mengatakan, PPA sejak awal mempunyai komitmen yang besar terhadap safety, untuk itulah PPA memiliki tim rescue yang mumpuni, bukan hanya untuk menjaga area kerja tapi juga selalu siap untuk membantu dalam tanggap darurat yang terjadi di Indonesia.

Dengan begitu, saat bencana terjadi, ERT PPA bisa dengan mandiri langsung memonitor dan mengatur rencana untuk segera berangkat kelokasi bencana, tanpa menunggu perintah.

"Kami di manajemen PPA juga memiliki kepedulian terhadap kemajuan tim rescue. Gedung GRN ini dibangun bukan hanya semata menjadi tempat penyelenggaraan IFRC, tapi gedung ini akan menjadi rumah para rescuer Indonesia, dan akan berusaha semaksimal mungkin agar penyelenggaraan IFRC nanti berjalan dengan aman dan lancar," kata Teguh saat pembukaan Technical Meeting and Workshop.

21st Indonesia Fire & Rescue Challenge

PPA menjadi tuan rumah 21st IFRC yang akan diadakan di Garuda Rescue Nusantara (GRN), Balikpapan, Kalimantan Timur pada 21-29 Oktober 2024.

Sebanyak 26 perusahaan dipastikan ikut berkompetisi pada ajang bergensi tingkat nasional itu

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini