News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Ukraina dalam Bahaya, Rusia Kerahkan SU-35 & Rudal Kh-31P yang Dirancang 'Menindas' Pertahanan Udara

Penulis: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tak main-main, Rusia membekali Su-35 mereka dengan senjata canggih seperti rudal anti-radiasi Kh-31PM.

TRIBUNNEWS.COM, KYIV - Jet tempur terbaik Rusia saat ini, Sukhoi 35 akhirnya dikerahkan ke medan perang demi merebut superioritas udara Ukraina.

Tak main-main, Rusia membekali Su-35 mereka dengan senjata canggih seperti rudal anti-radiasi Kh-31PM.

Kementerian Pertahanan Rusia merilis secara visual aksi SU-35 mereka di langit Ukraina pada 7 Maret.

Dilansir dari Eurasian Times, sepasang jet tempur Su-35S terlihat berangkat untuk patroli udara tempur, salah satunya dilengkapi dengan dua senjata Kh-31P serta rudal udara-ke-udara R-77 dan R-73.

Kemudian, rekaman menunjukkan Su-35S terbang kembali ke pangkalan dengan hanya satu Kh-31P yang terpasang padanya.

Kh-31P adalah rudal anti-radiasi supersonik jarak menengah yang menggunakan scramjet dengan booster built-in untuk mencapai kecepatan supersonik tinggi.

Fungsi penting Rudal Antiradiasi

Rudal Kh-31P merupakan senjata yang didesain untuk melaksanakan misi Suppression of Enemy Air Defense (SEAD) untuk melawan pertahanan udara musuh.

SEAD adalah tindakan militer untuk menekan pertahanan udara musuh, untuk membuka jalan bagi pesawat yang lebih rentan termasuk pembom untuk terbang ke wilayah musuh.

Dalam peperangan modern, serangan awal biasanya ditujukan untuk menghancurkan penghancuran fasilitas radar dan sarana berbasis elektronik.

Oleh karena itulah, dibutuhkan senjata khusus untuk bisa mengeliminasi "mata dan telinga" musuh di jam-jam pertama pertempuran.

Sebab hal itu tidak mudah dilakukan, mengingat radar sebagai instrument strategis akan dilengkapi perlindungan berlapis, mulai dari rudal penangkis hingga jammer pelindung serangan.

Di sinilah dibutuhkan rudal antiradar atau yang biasa dikenal dengan rudal antiradiasi.

Rudal KH31 milik Rusia dirancang memiliki kecepatan sangat tinggi, mampu terbang jauh, anti-radar dan bisa mematikan penjejaknya saat diserang.

Kecepatan tinggi rudal ini berguna untuk mengurangi resiko tertembak, karena dia harus menerobos sistem pertahanan musuh untuk menghancurkan radar penjejak (air search radars) dan fire control radar.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini