News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

China Kembali Terbitkan Visa Pendek untuk Warga Korea Selatan Mulai Akhir Pekan Ini

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bandara Beijing di China. Pemerintah China akan melanjutkan penerbitan visa jangka pendek bagi pelancong dari Korea Selatan mulai Sabtu (18/2/2023) ini.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Pemerintah China akan melanjutkan penerbitan visa jangka pendek bagi pelancong dari Korea Selatan mulai Sabtu (18/2/2023).

Pernyataan itu disampaikan Kedutaan Besar China di Seoul pada Rabu (15/2/2023), menyusul pencabutan pembatasan visa serupa yang dilakukan Korea Selatan terhadap pelancong asal China pekan lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, lebih dari selusin negara termasuk Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat memberlakukan pembatasan perjalanan bagi pelancong dari China usai Beijing melonggarkan kebijakan “nol-Covid”, pengujian massal, dan karantina menyusul aksi protes besar-besaran akhir tahun lalu.

Menanggapi hal itu, Beijing langsung memberikan kecaman keras terhadap langkah pembatasan tersebut, seraya menyebut langkah itu kurang memiliki dasar ilmiah.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah Korea Selatan menilai kondisi pandemi di China telah memasuki fase stabil, sehingga memungkinkan tes PCR bagi pendatang dari China akan dihapus lebih awal dari rencana semula.

Baca juga: China Tangguhkan Visa Bagi Warga Jepang dan Korea Selatan Sebagai Tindakan Balasan

Seorang pejabat Kedutaan Besar China di Seoul berharap kedua negara dapat segera melanjutkan pertukaran sumber daya manusia secara normal melalui upaya bersama antara kedua negara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini