News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Jet Tempur Rusia Tembak Drone Bersenjata S-70 Okhotnik-B yang Diduga Alami Kegagalan Sistem

Penulis: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jet tempur Su-57 dan pesawat nirawak (UCAV) Okhotnik Siluman S-70

TRIBUNNEWS.COM, UKRAINA - Jet tempur Rusia telah menembak jatuh prototipe pesawat nirawak tempur yang baru dikembangkan Moskow.

Pesawat nirawak S-70 Okhotnik-B (Hunter-B) merupakan drone bersenjata (UCAV) sebagai loyal wingman untuk Su-57 milik Angkatan Dirgantara Rusia (VKS). 

UCAV berkarakteristik siluman seukuran pesawat tempur dan ditenagai satu mesin jet.

Drone dirancang bisa bertempur dan melepaskan rudal udara ke udara maupun udara ke darat dalam operasi perang secara mandiri maupun bersama dengan pesawat tempur berawak.

Kemungkinan besar penembakan dilakukan karena operator Rusia kehilangan kendali atas S-70 dan UCAV itu telah terbang melenceng ke wilayah udara di atas Ukraina.

Bisa juga kegagalan sistem mungkin saja telah terjadi dan Rusia menghindari kemungkinan terburuk drone itu disita Ukraina dan dipelajari teknologinya.

Baca juga:  Percuma Alutsista Rusia Sembunyi di Hutan, Tetap Hancur oleh HIMARS via Drone Pengintai Ukraina

Kovalenko mengatakan bahwa hal ini akan menjadi lebih jelas setelah dilakukannya investigasi terhadap puing-puing pesawat.

Jatuhnya perangkat keras bernilai tinggi seperti itu menyoroti kegagalan koordinasi dan komunikasi dalam angkatan bersenjata Rusia.

Meskipun tidak sepenuhnya jelas apa yang menyebabkan satu pesawat Rusia menembak jatuh pesawat lainnya, jawaban yang paling mungkin adalah bahwa S-70 digunakan secara operasional sebagai bagian dari pengembangannya yang sedang berlangsung, khususnya untuk memberikan dukungan bagi upaya perang, tulis TWZ dalam analisisnya.

Dikatakan, Rusia sering mengirimkan perlengkapan barunya ke area pertempuran untuk pengujian dan untuk menggalang dukungan bagi peluang ekspor potensial.

Video yang beredar di dunia maya pada hari Sabtu menunjukkan sebuah rudal yang ditembakkan dari pesawat lain mencegat sebuah pesawat tak berawak di udara sebelum jatuh ke bumi.

Para ahli militer berspekulasi dari foto-foto reruntuhan pesawat bahwa pesawat tersebut adalah pesawat tak berawak Hunter S-70 Rusia dan kemungkinan ditembak jatuh setelah operator kehilangan kendali saat melakukan uji coba penerbangan di atas Oblast Donetsk yang diduduki Rusia di bagian timur Ukraina.

Justin Bronk, peneliti senior di lembaga pemikir Royal United Services Institute, mengatakan bahwa kegagalan yang sangat memalukan.

Andriy Kovalenko, kepala Pusat Penanggulangan Disinformasi Ukraina, awalnya mengidentifikasi pesawat yang jatuh itu sebagai Su-34, tetapi kemudian mengatakan di Telegram bahwa pesawat itu mungkin saja merupakan pesawat tak berawak Hunter  S-70.

Okhotnik (Hunter) UAV prototype S70

Baru akan Diproduksi Massal Tahun 2024 Ini 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini