News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

AS dan Israel Peringatkan Balasan Terhadap Iran, Sebut Balasan 180 Rudal Sebagai Konsekuensi Serius

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rudal yang ditembakkan oleh Iran terlihat di atas Yerusalem al-Quds yang diduduki di Tepi Barat pada tanggal 1 Oktober 2024.

AS dan Israel Peringatkan Balasan Terhadap Iran, Sebut Balasan Sebagai Konsekuensi yang Serius

TRIBUNNEWS.COM- Amerika Serikat mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka sedang membahas tanggapan bersama Israel setelah Iran menembakkan serangkaian rudal ke Israel, memperingatkan Teheran tentang "konsekuensi yang serius".

Israel berjanji akan membuat Iran “membayar” atas serangan tersebut, yang menurutnya menyebabkan 180 rudal ditembakkan ke wilayahnya, sebagian besar dicegat, dan berjanji untuk segera menyerang “Timur Tengah dengan kuat”.

Sementara itu, Teheran mengancam akan menyerang pasukan mana pun yang melakukan intervensi di wilayahnya atas nama Israel.

Presiden Joe Biden mengatakan AS "sepenuhnya mendukung" Israel setelah serangan rudal tersebut, seraya menambahkan bahwa ia akan membahas tanggapan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Ketika ditanya wartawan tentang tanggapan terhadap Iran, Biden menjawab: "Itu sedang dalam pembahasan aktif saat ini. Itu masih harus dilihat."

Sirene Meraung-raung di Seluruh Israel

Sirene berbunyi di seluruh Israel setelah Iran melepaskan rudal -- yang sebagian besar dicegat oleh pertahanan udara Israel atau oleh angkatan udara sekutu.

Garda Revolusi Iran mengatakan mereka telah menargetkan “tiga pangkalan militer” di sekitar pusat komersial Israel, Tel Aviv.

Menteri Luar Negeri Iran, Seyed Abbas Araghchi, mengunggah di platform media sosial X bahwa “tindakan Teheran telah dihentikan kecuali rezim Israel memutuskan untuk melakukan pembalasan lebih lanjut”.

Garda Revolusi sebelumnya mengatakan serangan itu merupakan respons atas pembunuhan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah oleh Israel minggu lalu serta kematian pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dalam pemboman Teheran yang secara luas disalahkan pada Israel.

Militer Israel mengumumkan setelah sekitar satu jam bahwa serangan telah berakhir.

Petugas medis Israel melaporkan dua orang terluka ringan akibat pecahan peluru. Di wilayah pendudukan Tepi Barat, seorang warga Palestina tewas di Jericho “ketika pecahan roket jatuh dari langit dan mengenai dirinya”, kata gubernur kota Hussein Hamayel kepada AFP.

Itu adalah serangan langsung kedua Iran terhadap Israel setelah serangan rudal dan pesawat tak berawak pada bulan April sebagai tanggapan atas serangan udara mematikan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus.

Konsekuensi yang parah

Penasihat Keamanan Nasional Biden, Jake Sullivan, mengatakan kepada wartawan bahwa serangan rudal tersebut merupakan “eskalasi signifikan” oleh Iran dan bahwa “akan ada konsekuensi, konsekuensi yang berat”.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini