News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Rudal Balistik Iran Telah Melumpuhkan Iron Dome Israel, Meski Timbulkan Kerusakan Terbatas

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Serangan ratusan rudal balistik Iran ke wilayah Israel, Selasa malam, 1 Oktober 2024.

Rudal Balistik Iran Lumpuhkan Iron Dome Israel, Meski Timbulkan Kerusakan Terbatas

TRIBUNNEWS.COM- Citra satelit menunjukkan bahwa rentetan rudal balistik Iran awal minggu ini berhasil melumpuhkan pertahanan udara Israel.

Meskipun hanya menyebabkan kerusakan terbatas, Wall Street Journal (WSJ) melaporkan pada tanggal 6 Oktober.

Akibatnya, serangan Iran di masa mendatang terhadap Israel “bisa menimbulkan konsekuensi yang jauh lebih serius jika menargetkan infrastruktur sipil atau wilayah pemukiman padat penduduk,” simpul WSJ.

Iran menembakkan sedikitnya 180 rudal balistik ke Israel pada 1 Oktober sebagai tanggapan atas serangkaian agresi yang dilakukan oleh Israel, termasuk pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada bulan Juli, sekretaris jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah pada bulan September, dan komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Brigadir Jenderal Abbas Nilforoushan.

Serangan Iran terhadap Israel tidak menimbulkan korban jiwa tetapi menunjukkan kemampuan rudal Iran yang canggih dan menyebabkan kerusakan besar pada tiga pangkalan udara Israel.

Israel kini dilaporkan sedang mempersiapkan diri untuk melancarkan serangan besar-besaran terhadap Iran, kemungkinan termasuk serangan terhadap infrastruktur minyak atau nuklirnya, dengan bantuan AS.

Teheran pada gilirannya mengancam akan menyerang pembangkit listrik dan kilang minyak Israel jika Israel terus melanjutkan serangan.

WSJ melaporkan bahwa, tidak seperti serangan sebelumnya pada bulan April, 

"ketika Iran menembakkan sejumlah besar rudal jelajah dan pesawat nirawak yang lebih lambat, rentetan serangan hari Selasa hanya terdiri dari sekitar 180 rudal balistik yang jauh lebih cepat, salah satu serangan terbesar dalam sejarah peperangan". 

"Para analis mengatakan bahwa sebagian besar proyektil ini adalah rudal balistik Iran yang paling modern, Fattah-1 dan Kheibar Shekan."

“Semakin cepat rudal, semakin sulit untuk mencegatnya; itu fisika sederhana,” kata Ulrich Kühn, kepala penelitian pengendalian senjata di Institut Penelitian Perdamaian dan Kebijakan Keamanan di Hamburg, Jerman. 

“Tentu jauh lebih sulit untuk bertahan melawan rudal balistik, dan bahkan lebih sulit lagi jika ada banyak rudal yang menyerang target tertentu karena dengan begitu Anda memiliki kemampuan untuk mengalahkan pertahanan antirudal—yang persis seperti yang terjadi di Israel.”

Citra satelit pangkalan udara Nevatim di Israel selatan, yang menjadi tempat tinggal jet tempur F-35, menunjukkan bahwa sebanyak 32 rudal Iran berhasil mengenai perimeter pangkalan, menurut analisis profesor Jeffrey Lewis di Institut Middlebury untuk Studi Internasional.

"Tiga puluh dua rudal adalah jumlah rudal yang banyak," kata Lewis. "Kita telah membesar-besarkan gagasan tentang efektivitas pertahanan udara. Kita memiliki gagasan budaya populer bahwa pertahanan rudal jauh lebih efektif atau tersedia daripada yang sebenarnya."

Sementara itu, staf umum angkatan bersenjata Iran telah berjanji untuk melakukan penghancuran menyeluruh terhadap infrastruktur di Israel jika wilayah Iran diserang. 

Laksamana Ali Fadavi, wakil komandan Korps Garda Revolusi Islam, telah berjanji untuk menyerang pembangkit listrik, ladang gas, dan kilang minyak Israel, menurut media pemerintah Iran, WSJ menambahkan.

 


SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini