News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Disebut Prabowo Jadi Penentu Cawapres KKIR, PKB: Muhaimin Sudah Diberi Mandat Maju di Pilpres

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan rekan koalisinya yakni Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda membenarkan, pihaknya dalam hal ini PKB yang akan menjadi penentu sosok cawapres untuk Prabowo Subianto dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Pernyataan Huda itu menindaklanjuti terkait ungkapan Prabowo Subianto usai menyambangi kediaman dinas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin atau Gus Muhaimin, di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Minggu (9/7/2023) sore.

Baca juga: Prabowo Subianto Lebih Dulu Temui Cak Imin Sebelum Megawati, Ada Apa ?

Dirinya membenarkan ada pembahasan demikian terjadi dari Prabowo Subianto.

"Saya ikut pertemuan berbagai siklus sering Pak Prabowo sampaikan seperti itu, jadi menyerahkan sepenuhnya ke Gus Muhaimin cawapres," kata Huda, dikutip Senin (10/7/2023).

Saat ditanyakan terkait apakah Cak Imin akan menggunakan kesempatan itu untuk dirinya maju sebagai cawapres atau justru diserahkan ke figur lain, Huda menyinggung hasil Muktamar PKB.

Kata dia, dalam hasil muktamar itu, Cak Imin mendapat mandat agar maju pada kontestasi Pilpres 2024. 

Oleh karenanya, jika harus mematuhi mandat tersebut, Huda menyebut, kemungkinan Cak Imin sendiri yang akan maju sebagai cawapres untuk Prabowo.

Baca juga: Prabowo Subianto Sebut Cak Imin dan PKB Sangat Menentukan Siapa Cawapres KKIR

"Mau dipakai sendiri, mau dipakai ke orang lain, yang jelas Gus Muhaimin kan dapat mandat PKB. Hasil muktamar, beliau (Gus Muhaimin) harus maju. Artinya urusan wapres urusan Pak Muhaimin, pasti dipakai Pak Muhaimin," tutur Huda.

Terlebih kata dia, di dalam koalisi tersebut, Gerindra dan PKB telah menyepakati bahwa pembahasan terkait capres dan cawapres berada pada kewenangan para ketua umum partai.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan, pengusungan nama calon wakil presiden (cawapres) untuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) diserahkan kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai ketua umumnya.

Pernyataan itu disampaikan Prabowo, usai mendatangi rumah dinas Cak Imin yang baru saja pulang melaksanakan ibadah haji, Minggu (9/7/2023) sore.

Ungkapan itu didasari karena Prabowo menyadari PKB sejauh ini telah memberikan dukungan untuk dirinya mencalonkan diri sebagai presiden dari KKIR.

"Soal bapres ya kita akan diskusikan bersama, tapi anda harus tahu kalau mereka (PKB) dukung saya sebagai capres, ya mereka (PKB) sangat akan menentukan siapa wapres kan begitu," kata Prabowo, dikutip Senin (10/7/2023).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini