News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Mahfud MD Sebut Ganjar Pranowo dan Jokowi Memiliki Kesamaan: Sama-sama Presiden Rakyat

Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat mengikuti debat ketiga Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat keempat ini bertemakan energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, ajak karbon, lingkungan hidup dan agraria serta masyarakat adat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD mengatakan, Ganjar Pranowo dan Joko Widodo (Jokowi) adalah sama-sama menyandang predikat Presiden Rakyat.

Usai mengikuti Debat Keempat Pilpres 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Mahfud secara terbuka menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi.

“Karena ini adalah debat terakhir untuk Cawapres, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Pak Jokowi karena 5 tahun yang lalu, atau 4,5 tahun yang lalu, beliau meminta saya menjadi Menko Polhukam,” kata Mahfud saat konferensi pers usai mengikuti Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (21/1/2024) malam.

Baca juga: Akui Senang Berpasangan dengan Mahfud MD, Ganjar: Seperti Kata Gus Dur, Peluru Tak Terkendali

Mahfud mengungkapkan, dirinya semakin banyak belajar dan mengetahui bahwa Presiden Jokowi sangat peduli kepada kesejahteraan rakyat dan kebaikan rakyat.

Itulah yang mendorong dirinya bersedia ketika diminta menjadi Cawapres berpasangan dengan Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo adalah Calon Presiden (Capres) yang berpasangan dengan Mahfud, yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024, yang akan digelar 14 Februari mendatang. Ganjar-Mahfud didukung partai politik PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Baca juga: Debat Cawapres Semalam, Pengamat Sebut Gibran Menyerang, Mahfud dan Cak Imin Defensif

Mahfud melanjutkan, bahwa apa yang diperolehnya selama menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju akan bisa dilanjutkan di zaman atau di dalam kepemimpinan Ganjar Pranowo kalau sudah menjadi presiden nanti.

“Karena Pak Ganjar dan Pak Jokowi itu sama-sama merupakan Presiden Rakyat. Itu saja," jelas Mahfud.

Sementara itu, Capres Ganjar Pranowo memuji penampilan Cawapres Mahfud pada Debat Keempat Pilpres 2024.

Ganjar menilai penampilan Mahfud selain bagus, juga menginspirasi karena dapat memilah mana pertanyaan perlu dijawab dan mana yang tidak.

“Baguslah. Untuk pertama kali Pak Mahfud menginspirasi, ada pertanyaan yang harus dijawab, tapi beliau mengatakan, pertanyaan ini tidak perlu dijawab. Dan, ini menginspirasi,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, ketegasan Mahfud yang ditunjukkan di depan publik menyadarkannya untuk bersikap terbuka jika menghadapi pertanyaan tidak masuk akal.

“Saya melihat o iya ya. Kadang pertanyaan itu tidak perlu dijawab dan beliau sampaikan secara terbuka. Menurut saya, itu bagus untuk mengedukasi semuanya. Dan, Pak Mahfud menyampaikan dengan firmed betul,” kata Ganjar.

Seperti diketahui, Mahfud memiliki pengalaman panjang sebagai Akademisi, Wakil Rakyat, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013, dan Menteri Pertahanan pada era Presiden Abdurraham Wahid (Gus Dur), dan saat ini sebagai Menko Polhukam pada Kabinet Indonesia Maju.

Pada kesempatan itu, Cawapres Nomor Urut 1, Muhaimin Iskandar dalam konferensi pers usai Debat Keempat Pilpres 2024, juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Mahfud yang telah menjadi lawan debat yang baik.

Baca juga: Ribuan Masyarakat Adat di Kaltim Tak Punya KTP, Anggota TPN: Ganjar-Mahfud Akan Penuhi Haknya

"Saya berterima kasih kepada Profesor Mahfud yang telah menjadi lawan debat yang baik. Sebab lawan debat itu adalah teman berpikir, teman untuk adu argumen untuk mencari yang terbaik bagi bangsa ini," kata Muhaimin.

Debat selanjutnya adalah debat terakhir para Capres yang akan diadakan KPU pada 4 Februari 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini