News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KPK Telusuri Aliran Uang Bupati Mamberamo Tengah ke Nowela Idol dan Presenter Brigita

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presenter televisi Brigita Purnawati Manohara (kiri) mengaku telah mengembalikan uang dari Bupati nonaktif Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (tengah) dan Nowela Elisabet Mikelia Auparay, juara Indonesian Idol 2014, diperiksa KPK sebagai saksi di kasus Bupati Mamberamo Tengah, Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri aliran uang dari Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak kepada Nowela Elisabet Mikelia Auparay dan Brigita Purnawati Manohara.

Keduanya diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan pemberian dan penerimaan suap serta gratifikasi terkait pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah, Provinsi Papua dengan tersangka Ricky Ham Pagawak, Jumat (29/7/2022).

"Kedua saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan dugaan adanya aliran sejumlah uang dari tersangka RHP (Ricky Ham Pagawak) yang diterima oleh kedua saksi dimaksud," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Sabtu (30/7/2022).

Selain aliran uang, Nowela dan Brigita juga ditanyai tim penyidik ihwal dokumen keuangan yang dijadikan barang bukti dalam perkara tersebut.

"Disamping itu, saksi juga dikonfirmasi terkait beberapa barang bukti berupa dokumen keuangan," kata Ali.

Usai diperiksa, Nowela juara Indonesian Idol musim 2014, mengaku dikonfirmasi mengenai aliran uang yang berasal dari Ricky.

Nowela diminta Ricky untuk bernyanyi dalam sebuah acara pada tahun 2021 silam.

Acara dimaksud berkaitan dengan Partai Demokrat.

Diketahui, Ricky merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Mamberamo Tengah.

"Ya pokoknya itu profesional saya nyanyi sih, jadi kontraknya, sebenarnya sama manajer saya kontraknya, cuma memang kebetulan karena nama saya yang nyanyi, jadi ya saya dimintai keterangan," ucap Nowela di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (29/7/2022) sore.

"Acara partai," ia menambahkan.

Nowela berkata dirinya diundang beberapa kali oleh Ricky untuk bernyanyi di Mamberamo Tengah.

Namun, yang kejadian cuma di tahun 2021. Sebelum-belumnya tidak jadi lantaran cuaca buruk.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini