News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Piala Dunia U20

Tiga Poin Pernyataan Jokowi Sikapi Polemik Timnas Israel di Piala Dunia U20, Masih Cari Solusi

Penulis: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers terkait Piala Dunia U-20 2023, Selasa (28/3/2023). Tiga poin pernyataan Presiden Jokowi sikapi penolakan Timnas israel berlaga dalam Piala Dunia U20 di Indonesia.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pernyataan pers terkait sikap resmi pemerintah terkait polemik keikutsertaan Timnas Israel dalam Piala Dunia U20 yang rencananya digelar di Indonesia.

Ada sejumlah poin penting yang dicatat Tribunnews.com dari pernyataan Presiden Jokowi terkait polemik Timnas Israel setelah sejumlah elemen masyarakat menyuarakan penolakan.

Selain itu, sebelumnya sejumlah kepala daerah di tanah air pun menyatakan menolak Timnas U20 Israel untuk berlaga dalam ajang Piala Dunia U20.

Presiden Jokowi menjelaskan terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 setelah melalui proses bidding hingga akhirnya keluar nama Brazil, Indonesia, dan Peru sebagai calon tuan rumah.

Setelah melalui proses panjang, akhirnya Oktober 2019, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 oleh FIFA.

Baca juga: Sikap Jokowi Soal Polemik Israel di Piala Dunia U20 2023, Singgung Soal Kehormatan Bangsa

Menurut Jokowi, menjadi sebuah kehormatan bagi bangsa Indonesia karena kita mendapat kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia U20.

Terlebih sepakbola merupakan olahraga yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia.

"Saat ditunjuk jadi tuan rumah, kita belum mengetahui siapa yang menjadi tim peserta karena masih dalam proses pra-kualifikasi. Dan kepastian Timnas Israel lolos seleksi Piala Dunia U20 baru kita ketahui pada bulan Juli 2022," kata Jokowi dalam pernyataan persnya, Selasa (28/3/2023).

Baca juga: Polemik Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U20, Jokowi Utus Erick Thohir Temui FIFA

Berikut Sejumlah pernyataan penting Presiden Jokowi menyikapi polemik keikutsertaan Timnas Israel dalam Piala Dunia U20.

1. Dukungan Indonesia Terhadap Palestina Selalu Kokoh

Presiden Jokowi dalam pernyataannya menegaskan, bila keikutsertaan Timnas Israel dalam Piala Dunia U20 tidak ada kaitannya dengan konsistensi dan posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi, posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina. Karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat," kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan prinsip Indonesia selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina.

Baca juga: Presiden Jokowi: Jangan Campur Adukan Urusan Olahraga dengan Urusan Politik

"Pertama, ini prinsip, prinsip negara kita Indonesia yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two state solution negara Israel dan negara Palestina merdeka," kata Jokowi.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini