News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ketika Sang Ayah Mengatakan Anaknya Bakal Jadi Bupati Banyak Orang yang Menertawakan

Penulis: Budi Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

dr Basuri Tjahaj Purnama jadi bingan iklan produk Alang Sari produk dari Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk

TRIBUNNEWS.COM  JAKARTA -J again anak saya, ya. Nanti kalau besar dia akan jadi bupati,” teriak  almarhum Zhong Kim Nam  kepada seorang petugas keamanan di Bandara Hananjoedin, Tanjung Pandan, Belitung. Kontan saja si petugas keamanan dan teman-temannya tertawa. Pada saat itu, di tahun 1970-an, adalah hal yang mustahil bagi seorang keturunan Tionghoa untuk bekerja di kantor pemerintahan. Apalagi jadi bupati.

Basuki Tjahaja Purnama, anak yang ditunjuk Kim Nam tadi, kala itu masih berusia 5 tahun. Perawakannya kecil dengan kulit pucat dan mata sipit. Orang rumah dan tetangga mereka di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, memanggilnya dengan nama kecil “Koh Ahok”. Koh adalah panggilan untuk kakak laki-laki dalam bahasa Tionghoa.

“Semua orang bilang Papa kami gila karena celetukan itu,” kenang Basuri Tjahaja Purnama   saat   bercerita  mengenai  ayahnya  kepada  Tribunnews.com  akhir pekan  lalu  usai pengambilan   gambar untuk  iklan Alang Sari  produk  Sido Muncul  di pantai Tanjung  Tinggi , Belitung  Timur  , adik kandung Ahok sambil tertawa.

Namun tak dinyana, sekitar 34 tahun kemudian Ahok diambil sumpahnya sebagai Bupati Belitung Timur. Basuri sendiri kemudian menggantikan posisi sang kakak sebagai Bupati Belitung Timur dua periode setelah Ahok mengundurkan diri pada tahun 2006.

Ahok lahir sebagai sulung di Manggar pada 29 Juni 1966. Sang ayah, Kim Nam alias Indra Tjahaja Purnama, adalah seorang kontraktor. Zaman dahulu, pekerjaan Kim Nam itu disebut sebagai pemborong. Ibunya, Nen Bun Caw alias Buniarti Ningsih  (66), adalah seorang ibu rumah tangga biasa. Gantung, kampung kecil di bagian timur Pulau Belitung itu adalah pusat kehidupan Kim Nam dan Buniarti. Di sanalah kelima anak mereka lahir: Ahok, Basuri, Fifi Lety, Harry Basuki, dan Basu Panca Fransetio Tjahaja

Salah  satu  pengalaman Basuri   saat menjabat sebagai Bupati Belitung Timur  katanya Lebih  Dikenal Sebagai  Adik Ahok  dari  pada  dr  Basuri Tjahaja  di Belitung  Timur, bahkan   kata  Basuri  saat  ada  ulangan   SD saat  ada soal ditanyakan  siapkah  nama  Bupati Belitung Timur ? ,  banyak  murid menyedutnya  Adiknya Ahok ketimbang  nama yang sesungguhnya  dr Basuri Tjahaja.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini