News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus Raih Penghargaan Lencana Melati Gerakan Pramuka

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus meraih penghargaan Lencana Melati Gerakan Pramuka usai upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78 dan pelaksanaan Raimuna Nasional ke-12, di Lapangan Utama Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (17/8/2023).

TRIBUNNEWS.COM - Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus meraih penghargaan Lencana Melati Gerakan Pramuka dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka. Penghargaan tersebut disematkan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol. (Purn) Budi Waseso usai upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI dan pelaksanaan Raimuna Nasional ke-12, bertempat di Lapangan Utama Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (17/8/2023).

Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang (Mabicab) Pulau Taliabu H. Aliong Mus menjelaskan, Lencana Melati yang merupakan penghargaan tertinggi dalam Gerakan Pramuka ini didedikasikan kepada para pembina dan adik-adik Pramuka yang terus melakukan kegiatan dari sekolah ke sekolah. Bahkan, kegiatan Pramuka ikut berperan penting dalam momen pemekaran Pulau Taliabu, di mana mulai dari penjemputan prasasti sampai penjagaan kediaman AHM pada saat itu.

"Saya masih ingat benar Pramuka berjejer dalam penyambutan prasasti pemekaran sampai dengan penjagaan kediaman Bupati AHM saat itu, begitu juga saat 17 Agustus pertama di Bumi Hemungsia, Pramuka yang melakukan pengawalan tiang bendera merah putih," katanya.

Baca juga: Makna Penting dalam Lambang Pramuka, Ketahui Sejarah Singkatnya

Melalui petikan Surat Nomor 0663-00-B, Jakarta 3 Agustus 2023, penghargaan Lencana Melati diberikan kepada dua orang dari Kwarda Maluku Utara, yaitu Kak Drs. Samsudin A. Kadir, M.Si, Sekretaris Mabida Gerakan Pramuka Maluku Utara yang telah diserahkan pada saat Janji Pramuka 13 Agustus 2023 ,dan H. Aliong Mus, S.T., Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Pulau Taliabu, pada Upacara Hari Kemerdekaan ke-78 RI, pada tanggal 17 Agustus 2023.

"Alhamdulillah, kerja keras kita bersama dalam memajukan gerakan Pramuka di Pulau Taliabu diapresiasi oleh Kwarnas Pramuka. Kita mendapatkan penghargaan berupa Lencana Melati. Penghargaan ini saya persembahkan buat seluruh insan kepramukaan di Pulau Taliabu," kata H. Aliong Mus.

Ia mengungkapkan, penghargaan yang diperoleh tidak lepas dari upaya Pemerintah Pulau Taliabu dalam mendukung kemajuan Gerakan Pramuka Pulau Taliabu. Di antaranya, mengalokasikan anggaran untuk kegiatan kepramukaan, dan ke depannya juga untuk bumi perkemahan dan gedung Pramuka. Namun, pemerintah setempat akan memprioritaskan perbaikan struktur terlebih dahulu.

Baca juga: Mengenal Lambang Pramuka dan Maknanya, Dalam Rangka Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023

"Saat ini Pramuka kita berjalan dengan baik. Dan adik-adik yang berdedikasi tinggi dengan suka rela melakukan pembinaan di sekolah-sekolah sejauh ini daerah belum bisa memberikan penghargaan. Dan kita ketahui bersama siapa yang melaksanakan kegiatan sampai di penghujung Pulau Taliabu," cetusnya.

Terakhir, dirinya berharap pelaksanaan kegiatan jambore daerah dengan skala yang lebih besar dapat dilakukan di Desa Kilong. Sebagai informasi, dua kegiatan jambore daerah pernah diselenggarakan di dua zona di Taliabu. Zona I dipusatkan di Desa Tabona kala itu dan Zona II dilaksanakan di Desa Lede. "Jadi kedepan harus kita bisa melaksanakan kegiatan yang lebih besar dari Zona II dengan peserta 630 dari Siaga, Penggalang dan Penegak saat itu," pintahnya.

"Penghargaan ini saya jadikan sebagai motivasi dan semangat untuk memajukan Gerakan Pramuka Pulau Taliabu. Semoga Pramuka semakin jaya kedepannya. Dirgahayu Pramuka ke-62, Salam Pramuka," pungkasnya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini