Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pesawat Lion Air Jatuh

Kemenhub Ikut Klarifikasi Pesawat Nahas Lion Air PK-LQP Laik Terbang

Polana menekankan pesawat tersebut laik terbang, baik dalam penerbangan dari Denpasar ke Jakarta maupun dari Jakarta ke Pangkal Pinang.

Kemenhub Ikut Klarifikasi Pesawat Nahas Lion Air PK-LQP Laik Terbang
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Kabasarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi menaburkan bunga di lokasi jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP, perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Selasa (6/11/2018) siang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) angkat bicara soal kelaikan terbang Lion Air PK-LQP nomor penerbang JT043 rute Denpasar-Jakarta dan JT 610 Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat 29 Oktober lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan adanya kekeliruan dalam sejumlah pemberitaan bahwa Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dalam jumpa pers laporan awal investigasi menyebut pesawat jenis Boeing 737 Max8 itu tak laik terbang.

Polana menekankan pesawat tersebut laik terbang, baik dalam penerbangan dari Denpasar ke Jakarta maupun dari Jakarta ke Pangkal Pinang.

"Lion Air PK-LQP dalam kondisi laik terbang saat berangkat dari Denpasar, Bali dengan nomor penerbangan JT043, maupun saat berangkat dari Jakarta dengan nomor penerbangan JT610 sebagaimana telah dikonfirmasi oleh KNKT," kata Polana kepada awak media, Jumat (30/11/2018).

Ia memaparkan, sesuai dengan prosedur pemeriksaan, apabila pesawat laik terbang, maka Aircraft Flight Maintenance Log (AFML) akan ditandatangani oleh engineer (release man), sehingga pesawat dapat terbang.

Setelah pesawat mendarat, pilot akan melaporkan jika terdapat gangguan pada penerbangan, yang kemudian akan ditindaklanjuti dengan melakukan perbaikan dan pengujian.

"Setelah pengujian menunjukkan hasil baik, maka AFML ditandatangani oleh release man dan pesawat dinyatakan laik terbang," tegas Polana.

Kawal Rekomendasi KNKT 

Polana mengatakan pihaknya akan ikut memastikan Lion Air menjalankan dua rekomendasi yang diberikan KNKT pada laporan awal.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pesawat Lion Air Jatuh

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas