Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pemerintah Klaim Sudah Salurkan Bantuan Langsung Tunai ke 40.000 Desa

“Dalam sehari terakhir terjadi penambahan penyaluran kepada 369.686 keluarga miskin berupa dana Rp 221.811.600.000," katanya.

Pemerintah Klaim Sudah Salurkan Bantuan Langsung Tunai ke 40.000 Desa
Kemendes PDTT
Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA  - Pemerintah terus menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.  Salah satunya Bantuan Langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa.

Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengatakan pemerintah telah menyalurkan BLT dana desa ke 40.086 desa. Bantuan tersebut mencakup 67 persen dari 59.453 desa yang telah menerima transfer dana desa ke rekening kas desa.

“Kita memang berkejaran dengan dana desa yang tersalur ke desa, agar segera dibelanjakan sebagai BLT Dana Desa. Selama sehari terakhir saja penyaluran BLT Dana Desa telah berlangsung di 3.074 desa," kata Abdul Halim  dalam keterangan pers, Sabtu, (23/5/2020).

Hari ini menurutnya, sebanyak 4.172.053 keluarga miskin telah mendapatkan BLT Dana Desa. Nilai yang disalurkan mencapai Rp 2.503.231.800.000. 

Baca: Pimpinan DPR RI Pastikan Tak Gelar Open House Idul Fitri 1441 Hijriah

“Dalam sehari terakhir terjadi penambahan penyaluran kepada 369.686 keluarga miskin berupa dana Rp 221.811.600.000," katanya.

Baca: Cegah Takbiran Keliling Oleh Warga, Satpol PP DKI Pasang Posko Jaga di Sejumlah Jalan Protokol

Desa yang benar-benar siap mendapatkan  BLT Dana Desa, telah selesai melakukan musyawarah desa khusus. Wadah demokratis ini dijalankan untuk menetapkan keluarga penerima manfaat (KPM) BLT Dana Desa. 

Baca: Siapkan Patroli Berskala Besar, Polisi Imbau Warga Jakarta Bersabar dan Shalat Ied di Rumah

“Sampai hari ini sebanyak 57.899 desa telah melakukan musdes khusus. Ini setara dengan 99 persen dari desa telah mendapat transfer dana desa. Dalam sehari saja tercatat musyawarah dilakukan 1.159 desa” katanya.

Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi sendiri telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mempermudah desa dalam mencairkan dana desa, lalu mempermudah penyaluran BLT Dana Desa kepada warganya. Sinkronisasi deregulasi dijalankan bersama Kementerian Keuangan. 

Kementerian Dalam Negeri turut mendukung dengan memfasilitasi para bupati dan walikota yang mengalami kesulitan mempercepat penyaluran BLT Dana Desa

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas