Tribun Bisnis

Kisah Martha Tilaar Besarkan Bisnis Kosmestik dari Usaha Salon Kecantikan

Mendengar nama Martha Tilaar tentunya akan membayangkan sosok perempuan pengusaha kecantikan papan atas Tanah Air.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Kisah Martha Tilaar Besarkan Bisnis Kosmestik dari Usaha Salon Kecantikan
ist
DR (HC) Martha Tilaar 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendengar nama Martha Tilaar tentunya akan membayangkan sosok perempuan pengusaha kecantikan papan atas tanah air.

Tapi siapa sangka, usahanya yang dibangun HC Martha Tilaar ini dimulai dari garasi rumah keluarganya yakni usaha salon kecantikan Martha di kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Jalan Kusuma Atmaja No.47 Menteng, Jakarta Pusat tahun 1970.

Dua tahun kemudian, Martha Tilaar mendirikan Martha Griya Salon dan untuk pertama kalinya perawatan kecantikan tradisional berbasis tanaman herbal dan bisnis kecantikan dimulai.

Bahkan, bisnisnya telah menggurita dengan berbagai bisnis bahkan menjadi group bisnis bernama Martha Tilaar Group, bahkan jauh dari core bisnis awal yakni kecantikan.

Saat ini Martha Tilaar Group yang menaungi tujuh perusahaan yakni PT Martina Berto Tbk (perusahaan pemasaran dan produksi), PT Cedefindo (perusahaan produksi dan maklon), PT SAI Indonesia (perusahaan distributor dan logistik).

Baca: Sosoknya Passionate Dinamis, Kreatif, dan Inovatif, Kilala Tilaar Kini Jabat CEO Martha Tilaar Group

Kemudian PT Martha Beauty Gallery (sekolah dan pendidikan kecantikan Puspita Martha International School), PT Cantika Puspa Pesona (perusahaan jasa spa dan salon termasuk usaha waralaba), PT Creative Style Mandiri (perusahaan agensi periklanan) dan PT Kreasi Boga Primatama (perusahaan penyedia tenaga kerja).

Baca: Pemprov DKI Perpanjang Masa Tutup Tempat Pariwisata, Salon Kecantikan dan GOR Masuk Daftar

Di usia yang ke-50 ini, ulangtahun MTG dirayakan bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun ke-83 sang Founder & Chairwoman, Dr (HC) Martha Tilaar.

"Perusahaan menjadi seperti sekarang adalah buah cinta segenap karyawan, mitra usaha, dan konsumen setia yang senantiasa bangga menggunakan produk buatan Indonesia," kata DR (HC) Martha Tilaar dalam keterangannya, Sabtu (5/9/2020).

Merayakan ulang tahun setengah abad di tengah kondisi pandemi dan ekonomi yang memprihatinkan dimaknai dengan rasa syukur yang mendalam.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas