Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PLN Yakin Target EBT 20,9 GW Tercapai di 2030, Ini Sejumlah Proyek Pendukungnya

Ia melanjutkan, yang sudah Commercial Operation Date (COD) atau operasi itu sebesar 0,8 GW atau 800 megawatt.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in PLN Yakin Target EBT 20,9 GW Tercapai di 2030, Ini Sejumlah Proyek Pendukungnya
TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS di Palembang. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah diamanatkan oleh Pemerintah untuk segera bertransisi menggunakan pembangkit listrik berbasis energi terbarukan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah diamanatkan oleh Pemerintah untuk segera bertransisi menggunakan pembangkit listrik berbasis energi terbarukan.

Hal ini mengacu Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) perseroan untuk membangun pembangkit 20,9 Gigawatt (GW) energi baru terbarukan (EBT) dalam kurun rentang 2021-2030.




Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN, Wiluyo Kusdwiharto mengungkapkan, target EBT ini terdiri dari pembangunan hidroenergi berkapasitas 10,4 GW, energi panas bumi 3,4 GW, bioenergi 0,6 GW, energi angin 5,3 GW, dan energi EBT jenis lainnya sekitar 1,5 GW.

Baca juga: Kencana Energi Lestari Targetkan Pengembangan EBT Sebesar 500 MW

"RUPTL sudah mengamanatkan PLN harus bangun 20,9 GW renewable energi. Dari situ kita akan bangun hidro 10,4 GW, panas bumi nya 3,4 GW, bioenergi 0,6 GW, angin 5 GW, lainnya 1,5 GW," ucap Wiluyo di Jakarta, Rabu (6/7/2023).

Ia melanjutkan, yang sudah Commercial Operation Date (COD) atau operasi itu sebesar 0,8 GW atau 800 megawatt.

Kemudian yang sedang konstruksi ada 5,4 GW. Sementara sisanya masih dalam proses pemetaan serta pencarian pendanaan untuk pembangunannya.

BERITA TERKAIT

Wiluyo mengungkapkan, upaya-upaya ini merupakan upaya PLN, dalam mendukung program transisi energi di Indonesia.

Sejumlah proyek pendukung RUPTL EBT PLN adalah proyek PLTS Apung di Cirata, Jawa Barat, yang memiliki kapasitas sebesar 145 GW.

Kemudian, ada pula proyek-proyek seperti di Sumatera yakni PLTA Pusangan I dan Pusangan II, dengan kapasitas sekitar 87 MW, PLTA Asahan III sebesar 187 MW, PLTA Batang Toru sekitar 510 MW, PLTA Merangin Jambi sekitar 350 MW, dan juga proyek PLTP di Sarulla, Merapi, dan Ijen.

"Proyek besar yang sedang ditunggu operasionalnya adalah proyek PLTS Agung Cirata sebesar 145 MW. InsyaAllah tahun ini selesai. Ada pula PLTA Asahan III, ada PLTP Dieng hingga Ijen," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas