Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bawa Playbook Baru, Presiden Bank Dunia Sambangi KTT Asean 2023 di Jakarta

Presiden Bank Dunia (World Bank) Ajay Banga dilaporkan tiba di Indonesia untuk mempersiapkan 'playbook' baru yang akan dibawa dalam KTT Asean

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bawa Playbook Baru, Presiden Bank Dunia Sambangi KTT Asean 2023 di Jakarta
Money SHARMA / AFP
Ajay Banga 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Bank Dunia (World Bank) Ajay Banga dilaporkan tiba di Indonesia untuk mempersiapkan 'playbook' baru yang akan dibawa dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke-43, Senin (4/9/2023).

Dalam keterangan resmi yang dirilis World Bank, dijelaskan bahwa Ajay Banga akan memulai kunjungan ke Indonesia selama empat hari kedepan, tepatnya hingga Kamis (7/9/2023)




Kehadiran Bangga dalam KTT Asean ke-43 bukan tanpa alasan, presiden World Bank ini nantinya akan membawa Playbook guna memperdalam hubungan dengan negara-negara dan mitra yang tergabung dalam KTT Asean.

Cara ini juga dimaksudkan untuk mengkampanyekan proyek-proyek yang memiliki dampak positif bagi ekonomi global. Dengan begini, World Bank dapat meningkatkan kondisi di negara-negara yang berpendapatan rendah dan menengah.

Baca juga: 5 Mobil Listrik pada KTT ASEAN 2023: Toyota bZ4X, BMW i7, Hyundai Ioniq 5 dan 6, Wuling Air EV

"Kunjungan Banga dimaksudkan untuk mendiskusikan bagaimana Bank Dunia dapat dan harus menjalankan peran utama untuk mengkoordinasikan aksi global, bekerja sama untuk menghasilkan dampak dan perubahan yang berarti,” ujar Bank Dunia dalam keterangan tertulisnya.

"Bank Dunia juga diminta untuk melakukan evolusi dan memimpin upaya global untuk mengangkat negara-negara berpendapatan rendah dan pada saat yang bersamaan memperbaiki mutu kehidupan di negara-negara berpenghasilan menengah," tambah Bank Dunia.

BERITA TERKAIT

Sebelum menghadiri KTT Asean yang digelar pada 5 September besok, Banga hari ini dijadwalkan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo beserta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Selanjutnya Bangga bakal mengunjungi hutan mangrove di Desa Muara, Kecamatan Teluknaga serta mendatangi Desa Serdang Kulon di Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, untuk melihat proses penanganan stunting di daerah tersebut.

Bangga tak sendiri dalam kunjungan ini, Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva serta Founder World Economic Forum (WEF) Klaus Schwab juga dijadwalkan tiba ke Indonesia di waktu yang sama.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas