Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Joe Biden Menunggu di Luar Gedung Putih saat Pelantikan karena Staf Dipulangkan oleh Trump

Joe Biden dan istri dikabarkan dibiarkan menunggu di depan pintu Gedung Putih yang tertutup karena staf yang bertugas telah dipulangkan oleh Trump

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Gigih
zoom-in Joe Biden Menunggu di Luar Gedung Putih saat Pelantikan karena Staf Dipulangkan oleh Trump
Alex Brandon / POOL / AFP
Presiden AS Joe Biden (kiri) memeluk Ibu Negara Jill Biden saat mereka tiba di Gedung Putih di Washington, DC, pada 20 Januari 2021. Joe Biden dan istri dikabarkan dibiarkan menunggu di depan pintu Gedung Putih yang tertutup karena staf yang bertugas telah dipulangkan oleh Trump 

TRIBUNNEWS.COM - Joe Biden dan istrinya, Jill Biden dikabarkan sempat menunggu untuk waktu yang lama saat mereka akan memasuki Gedung Putih di Hari Pelantikan 20 Januari lalu akibat kekurangan staf.

Dilansir Insider, saat jeda waktu protokol Gedung Putih, presiden baru itu serta ibu negara itu dibiarkan berdiri di depan pintu yang tertutup.

Mereka pun tampak berfoto di luar tempat tinggal baru mereka untuk pertama kalinya.

Trump dikabarkan memulangkan staf atau pelayan sehingga tidak ada seorang pun yang menyapa Biden saat ia tiba, ujar sumber kepada The National Journal.

Baca juga: Donald Trump Dikabarkan Marah Besar saat Tahu Pelantikan Presiden Joe Biden Dimeriahkan Para Bintang

Baca juga: 8 Momen Penting dari Pelantikan Presiden Joe Biden: Pembacaan Sumpah hingga Penampilan Para Bintang

Presiden AS Joe Biden (kiri) memeluk Ibu Negara Jill Biden saat mereka tiba di Gedung Putih di Washington, DC, pada 20 Januari 2021.
Presiden AS Joe Biden (kiri) memeluk Ibu Negara Jill Biden saat mereka tiba di Gedung Putih di Washington, DC, pada 20 Januari 2021. (Alex Brandon / POOL / AFP)

Kepala pengantar tamu Timothy Harleth dipecat oleh Trump sebelum ia pergi pada Rabu pagi sebelum pelantikan Biden, lapor publikasi itu.

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psak kemudian mengkonfirmasi bahwa Harleth memang keluar sebelum pemerintahan Biden masuk.

Sebuah video kedatangan Bidens menunjukkan mereka berdiri di depan pintu Gedung Putih untuk berfoto, yang berlangsung lebih dari satu menit sebelum mereka berjalan menuju kediaman.

BERITA TERKAIT

Pintu kemudian dibuka untuk pasangan itu, meskipun tidak jelas dari video apakah pintu dibuka dari dalam atau luar.

Seorang ahli sosial veteran Gedung Putih mengatakan kepada The National Journal bahwa itu adalah "pelanggaran protokol dengan membiarkan presiden berdiri di depan pintu tertutup di Gedung Putih."

"Mungkin itulah sebabnya tidak ada yang membukakan pintu ke Bidens. Anda tidak bisa mengharapkan staf Biden mengetahui hal itu."

"Pintu dibuka dan ditutup oleh petugas. Ada aturan tentang semua hal ini dan setiap orang memiliki tugasnya masing-masing," tambah mereka.

Namun, seorang mantan pejabat Gedung Putih mengatakan kepada publikasi bahwa tim pasangan itu mungkin secara khusus meminta agar pintu ditutup untuk foto-foto.

"Tetapi yang seharusnya terjadi adalah bahwa seorang anggota staf Biden harus memberi tahu petugas pengantar atau staf di sisi lain pintu itu bahwa sudah waktunya untuk membukanya. Itu adalah kesalahan staf," kata mereka.

Masuknya Biden sangat kontras dengan kunjungan pertama Trump ke Gedung Putih pada hari pelantikannya empat tahun sebelumnya.

Kiri-Kanan: Ibu Negara AS Melania Trump, Presiden Donald Trump, mantan Presiden Barack Obama dan Michelle Obama berdiri di tangga di sisi timur US Capitol setelah upacara pelantikan pada 20 Januari 2017 di Washington, DC.
Kiri-Kanan: Ibu Negara AS Melania Trump, Presiden Donald Trump, mantan Presiden Barack Obama dan Michelle Obama berdiri di tangga di sisi timur US Capitol setelah upacara pelantikan pada 20 Januari 2017 di Washington, DC. (Robyn BECK / AFP)
Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas