Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

UEA Minta Israel Hentikan Eskalasi di Masjid Al-Aqsa

UEA mengutuk keras penyerbuan yang dilakukan para polisi Israel ke Masjid Al-Aqsa di kota Yerusalem.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in UEA Minta Israel Hentikan Eskalasi di Masjid Al-Aqsa
AFP/AHMAD GHARABLI
Penjaga perbatasan Israel berpatroli di luar kompleks Masjid Al-Aqsa di Gerbang Singa di Kota Tua Yerusalem selama bentrokan dengan warga Palestina di Masjid Al-Aqsa pada 5 April 2023. - Bentrokan meletus di dalam masjid Al-Aqsa di Yerusalem awal 5 April 2023 saat Polisi Israel mengatakan mereka telah masuk untuk mengusir "agitator", sebuah langkah yang dikecam sebagai "kejahatan yang belum pernah terjadi sebelumnya" oleh gerakan Islam Palestina Hamas. (Photo by AHMAD GHARABLI / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, ABU DHABI - Uni Emirat Arab (UEA) mengutuk keras penyerbuan yang dilakukan polisi Israel ke Masjid Al-Aqsa di kota Yerusalem.

Termasuk penyerangan terhadap jamaah Palestina dan penahanan mereka.




Pernyataan ini disampaikan Kementerian Luar Negeri UEA pada Rabu kemarin.

"Kementerian meminta otoritas Israel untuk menghentikan eskalasi dan menahan diri dari langkah-langkah yang dapat meningkatkan ketegangan dan mengacaukan kawasan, menekankan penolakan UEA terhadap semua praktik yang melanggar resolusi internasional dan mengancam eskalasi lebih lanjut," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Dikutip dari laman Sputnik News, Kamis (6/4/2023), otoritas UEA mencatat 'posisi tegas negaranya terkait perlunya memastikan keamanan Masjid Al-Aqsa dan untuk menghentikan pelanggaran serius dan provokatif di dalamnya'.

Baca juga: Terkait Penolakan Kontingen Israel di AWBG 2023 Bali, Begini Tanggapan NOC Indonesia

Pada saat yang sama, kementerian mengatakan bahwa para jamaah 'tidak boleh menggunakan senjata atau bahan peledak di dalam tempat ibadah'.

BERITA TERKAIT

"Arab Saudi juga mengutuk tindakan pasukan Israel di masjid tersebut, menambahkan bahwa pihaknya 'mengikuti dengan sangat prihatin terkait pasukan pendudukan Israel yang menyerbu halaman Masjid Al-Aqsa, menyerang jamaah dan menangkap sejumlah warga Palestina," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi pada Rabu kemarin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas