Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiga Truk Militer Yordania Angkut Bantuan ke Gaza Kecelakaan di Laut Mati, Dua Tentara Arab Tewas

Truk-truk militer Yordania, yang merupakan bagian dari konvoi pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza, keluar jalur di jalan Laut Mati dekat Adasiya

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Tiga Truk Militer Yordania Angkut Bantuan ke Gaza Kecelakaan di Laut Mati, Dua Tentara Arab Tewas
JN/tangkap layar
Angkatan Bersenjata Yordania (JAF) - Tentara Arab pada Kamis (30/5/2024) kembali melancarkan 3 kali bantuan kemanusiaan dan makanan ke sejumlah lokasi di Jalur Gaza selatan. Ini menjadi airdrop ke-100 yang dilakukan Yordania sejak dimulainya invasi Israel ke Gaza per 7 Oktober 2023. 

Tiga Truk Militer Yordania Angkut Bantuan Gaza Alami Kecelakaan di Laut Mati, Tiga Tentara Arab Tewas

TRIBUNNEWS.COM - Seorang pejabat senior militer di Angkatan Bersenjata Yordania – Tentara Arab melaporkan kecelakaan tragis yang melibatkan tiga truk militer mereka, Minggu (23/6/2024) sore.

Truk-truk tersebut, yang merupakan bagian dari konvoi pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza, keluar jalur di jalan Laut Mati dekat Adasiya – menurut pernyataan resmi Angkatan Bersenjata Yordania (JAF).

Baca juga: Jet-Jet Tempur Seliweran di Atas Yordania Saat Perang Gaza Berkecamuk, Tentara Arab Nyatakan Hal Ini

Kecelakaan tersebut mengakibatkan tewasnya Sersan Imad Atta Aref Al-Aram dan Prajurit Kelas 2 Yahya Othman Yahya Al-Sayeh, keduanya dari Direktorat Perbekalan dan Transportasi Kerajaan.

Dua tentara lainnya terluka dan berada dalam kondisi sedang.

Komando Umum Angkatan Bersenjata berduka atas kehilangan kedua prajurit tersebut, dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga, kawan, dan orang-orang terkasih mereka.

"Komando berharap korban luka segera pulih. Angkatan Bersenjata Yordania tetap berkomitmen untuk melanjutkan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk mendukung masyarakat Gaza dalam mengatasi keadaan sulit mereka," tulis pernyataan JAF dikutip Senin (24/6/2024).

Truk bantuan berisi perbekalan untuk Gaza mengantri di Kota Al-Arish setelah perbatasan ditutup, pada 8 Mei 2024 di Arish, Mesir.
Truk bantuan berisi perbekalan untuk Gaza mengantri di Kota Al-Arish setelah perbatasan ditutup, pada 8 Mei 2024 di Arish, Mesir. (Tangkap Layar/Foto oleh Ali Moustafa/Getty Image)

Palestina Ucapkan Bela Sungkawa

BERITA TERKAIT

Atas kecelakaan itu, Kementerian Luar Negeri Palestina menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada Yordania.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, Kementerian Palestina menyampaikan simpati kepada keluarga para korban.

"Kami berdoa memohon belas kasihan Tuhan atas jiwa mereka dan pemulihan cepat bagi mereka yang terluka," tulis pernyataan kementerian Palestina.

Kementerian juga memuji upaya Yordania, sahabat dan persaudaraan negara-negara lainnya, serta organisasi internasional dalam menghentikan agresi terhadap rakyat Palestina dan menyampaikan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Perang Senyap

Komitmen Yordania membantu Gaza itu melawan ambisi Israel yang terus menginvasi Jalur Gaza.

Meski masih berstatus menjalin hubungan dengan negara pendudukan tersebut, Amman dilaporkan terus melakukan upaya perlawanan senyap terhadap manuver militer Tel Aviv di Gaza.

Satu di antaranya adalah lewat aksi berkelanjutan penerjunan bantuan ke Gaza saat Israel makin rapat memblokade akses masuk darat ke wilayah kantung Palestina tersebut.

Baca juga: Yordania Kutuk Israel Atas Pembantaian Rafah, Ratu Rania: Korban Digiring Lalu Dibakar Saat Tidur

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas