Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Finlandia Usul Penghapusan Hak Veto Seluruh Anggota Dewan Keamanan PBB, PBB Gagal Jaga Perdamaian

Presiden Finlandia mengatakan, Senin, bahwa Dewan Keamanan PBB telah gagal dalam tugas utamanya untuk menjaga perdamaian,

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Finlandia Usul Penghapusan Hak Veto Seluruh Anggota Dewan Keamanan PBB, PBB Gagal Jaga Perdamaian
AFP/ANGELA WEISS
Anggota Dewan Keamanan PBB memberikan suara dalam pertemuan tentang situasi Timur Tengah di markas besar PBB pada 10 Juni 2024 di New York. - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Senin mengadopsi resolusi yang dirancang AS untuk mendukung rencana gencatan senjata di Gaza, ketika Washington memimpin kampanye diplomatik yang intens untuk mendorong Hamas agar menerima proposal tersebut. Naskah tersebut ? yang disahkan dengan 14 suara mendukung dan Rusia abstain ? menyambut baik usulan gencatan senjata dan pembebasan sandera yang diumumkan pada 31 Mei oleh Presiden Joe Biden, dan mendesak semua pihak untuk sepenuhnya melaksanakan ketentuan-ketentuannya tanpa penundaan dan tanpa syarat. (Photo by ANGELA WEISS / AFP) 

Finlandia Usul Penghapusan Hak Veto Seluruh Anggota Dewan Keamanan PBB, PBB Gagal Jaga Perdamaian

TRIBUNNEWS.COM - Finlandia mengusulkan penghapusan hak veto seluruh anggota Dewan Keamanan PBB

Presiden Finlandia mengatakan, Senin, bahwa Dewan Keamanan PBB telah gagal dalam tugas utamanya untuk menjaga perdamaian, seraya menambahkan bahwa negaranya akan mengajukan tiga usulan, termasuk mencabut hak veto anggota Dewan Keamanan PBB, Anadolu Agency melaporkan.

Berbicara pada KTT Masa Depan di PBB, Alexander Stubb mengatakan bahwa PBB tidak mencapai targetnya pada krisis global karena dunia sekarang secara bersamaan menyaksikan empat perang besar, di Ukraina, Palestina, Sudan dan Suriah.

Sambil menggarisbawahi perlunya upaya bersama untuk mengatasi masalah ini, ia mengatakan bahwa Dewan Keamanan telah gagal dalam tugas utamanya.

"Tugas utama DK PBB (Dewan Keamanan) adalah menjaga perdamaian, dan jujur ​​saja, mereka gagal melakukannya. Dan Anda tahu, menurut saya, DK PBB tidak mencerminkan dunia saat ini," katanya.

Stubb mengecam kurangnya perwakilan di Dewan, karena hanya ada satu negara dari Asia dan tidak ada perwakilan dari Amerika Latin dan Afrika.

BERITA TERKAIT

Ia melanjutkan dengan mengatakan bahwa ia akan mengajukan tiga usulan reformasi di Dewan Keamanan pada hari Rabu.

"Yang pertama adalah menambah jumlah anggotanya menjadi lima, satu dari Amerika Latin, dua dari Afrika, dan dua dari Asia. Usulan saya yang kedua adalah agar hak veto semua anggota tetap dan tidak tetap Dewan Keamanan dihapuskan."

Ia menambahkan: “Yang ketiga, jika ada anggota Dewan Keamanan yang terang-terangan melanggar Piagam PBB, hak suaranya di Dewan harus ditangguhkan.”

 

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas