Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Kampanye Basmi Polio Kembali Digaungkan di Car Free Day Bundaran HI

Polio menyebabkan penderitanya yang terserang virus ini bisa mengalami lumpuh layu, hingga meninggal dunia.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kampanye Basmi Polio Kembali Digaungkan di Car Free Day Bundaran HI
HANDOUT
Kegiatan jalan sehat di kampanye lawan polio 'End Polio Now' di Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (27/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Polio menjadi salah satu penyakit menular menakutkan karena menyebabkan penderitanya yang terserang virus ini bisa mengalami lumpuh layu, hingga meninggal dunia.

Celakanya, Indonesia yang pada 2014 lalu pernah dinyatakan bebas polio, di bulan November 2018 kembali ditemukan serangan virus polio pada dua anak di Papua Barat, yang kemudian berhasil disembuhkan.

Untuk mendorong lagi kesadaran masyarakat akan bahayanya penyakit ini, Rotary Indonesia District 3410 kembali menggelar kegiatan kampanye melawan polio lewat kegiatan bertajuk 'End Polio Walk' yang dilangsungkan di arena Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, MInggu, 27 Oktober 2019.

Kegiatan kampanye 'End Polio Walk' ini diisi dengan kegiatan jalan sehat melibatkan member Rotary Indonesia District 3410 dan masyarakat mulai pukul 07.00 dengan mengambil start dari Bundaran HI Jakarta.

Kegiatan ini ini menjadi meriah karena diikuti oleh lebih dari 1000 peserta pendukung Gerakan Basmi Polio. Sebelum jalan sehat, acara diawali dengan senam Zumba Bersama dilanjutkan atraksi pencak silat dan pertunjukan marching band dari Universitas Indonesia.

Kegiatan kampanye melawan polio lewat kegiatan bertajuk 'End Polio Walk' di arena Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, MInggu, 27 Oktober 2019.
Kegiatan kampanye melawan polio bertajuk 'End Polio Walk' di arena Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, MInggu, 27 Oktober 2019. (IST)

Ketua Panitia End Polio Walk, District Governor Elect, Roziana Wiguna mengatakan, End Polio Walk merupakan bagian dari kampanye global End Polio Now yang rutin diadakan Rotary Indonesia.

Dia menyebutan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mewajibkan virus polio harus nol atau tak ada sama sekali di muka bumi. Sebagai penanda memontum kampanye terhadap ancaman virus polio, tanggal 24 Oktober dinyatakan sebagai Hari Polio Sedunia.

BERITA REKOMENDASI

“Kegiatan End Polio Walk yang diadakan bertepatan dengan Hari Polio Dunia merupakan kesempatan bagi kami Rotary Indonesia untuk mengkampanyekan semangat basmi polio dari muka bumi. Polio dapat dicegah dan harus diberantas untuk mewujudkan dunia yang bebas polio bagi generasi mendatang,” ungkap Roziana Wiguna.

Soni Sontani, Polio Koordinator di Rotary Indonesia Distrik 3410 menambahkan, kegiatan ini sengaja digelar di ajang Car Free Day dan dipusatkan di Bundaran HI agar masyarakat lebih peduli pada polio karena bisa menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

"Polio merupakan jenis penyakit menular. Biasa ditularkan lewat kotoran yang kemudian menyebar. Virus polio bisa ditularkan melalui air, dan bisa terkena pada anak yang belum diimunisasi polio. Karenanta, program ini akan terus kita lakukan," Soni mengingatkan. 

Roziana menjelaskan, perang terhadap polio masih terus berlangsung, meski hingga saat ini 99.9% polio telah hilang dengan diadakan PIN tahun 1995, 1996, 1997.

Sejak 1996 sudah tidak lagi ditemukan kasus polio. Hingga tahun 2005 terjadi wabah yaitu kembali timbulnya kasus polio karena tertular dari orang yang datang dari Nigeria, dan dengan cepat menyebar ke banyak daerah.

Baca: Mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas: Ada Menteri Not Right Man In The Right Job, Siapa Saja Mereka?

Epidemik ini kemudian segera ditanggulangi dengan PIN 2005, 2006 sehingga mulai 2006 tidak ditemukan lagi kasus polio.

Tahun 2014 Indonesia menerima sertifikasi dari WHO sebagai “negara bebas polio”. Namun di November 2018 kembali ditemukan kasus polio di Kecamatan Dekai Kabupaten Yahukimo, Papua Barat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas