Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Memilih Cara Paling Rasional untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh di Saat Wabah Corona Melanda

Apakah semua informasi mengenai daya tahan tubuh yang bisa kita akses baca itu benar adanya dan cocok untuk kita?

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Memilih Cara Paling Rasional untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh di Saat Wabah Corona Melanda
Istimewa
Selain penggunaan masker, mencuci tangan dengan sabun antiseptik dan air selama 20 detik setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, dan setelah batuk dan bersin juga bisa menjadi langkah preventif dalam pencegahan virus corona. 

TRIBUNNEWS.COM - Wabah corona yang melanda banyak negara di dunia sekarang ini membuat kita semua ketakutan.

Wajar, sebab virus tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Juga virus corona agresif, dalam artian bisa menyebabkan seseorang yang terinfeksi meninggal sangat cepat.

Jadi tak heran, walau angka kematian TBC alias TB lebih tinggi di Indonesia, virus corona yang baru "'datang" ini lebih membut semua terfokus padanya.

Untuk dieketahui, TBC alias TB yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, ditemukan pertama kali oleh oleh Robert Koch, telah membuat 11 orang meninggal dunia setiap jam di Indonesia. Tapi Indonesia sunyi senyap.

"Catat, TB ini sangat menular! Proses penyembuhannya lama, butuh waktu hingga enam bulan bahkan bisa tahunan," papar DR. Dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K), dalam acara ILC (25 Maret 2020).

Kembali ke wabah corona Covid-19, disaat wabah SARS CoV2 Novel Virus melanda dunia, termasuk di Indonesia, percaya atau tidak kini semakin banyak manusia yang membaca dan mengakeses berita juga informasi kesehatan yang bertebaran di internet.

Konten yang berkenaan virus corona, apalagi tips sehat Hadapi Corona termasuk tips meningkatkan imunitas tubuh supaya tidak bisa terinfeksi virus corona, sekarang paling banyak diminati pembaca.

BERITA REKOMENDASI

Jadi tak heran, sekarang ini bisa dengan mudah kita bisa menemukan aneka tips Hadapi Corona yang isinya selalu kembali ke meningkatkan imunitas tubuh.

Itu tidak salah, apalagi virus corona baru ini belum ada vaksinnya juga obatnya, dan satu-satunya andalan manusia di bumi saat ini untuk Hadapi Corona adalah dengan daya tahan tubuh yang optimal juga fit.

Tapi apakah semua informasi mengenai daya tahan tubuh yang bisa kita akses baca itu benar adanya dan cocok untuk kita?

Baca: Wabah Corona Berdampak Pada Usaha Restorannya, Prilly Latuconsina Pikirkan Hak Karyawan

Baca: Perlukah Konsumsi Suplemen Vitamin C Jika Tubuh Sehat? Ini Penjelasan Dokter

Baca: Tangis Airin Pecah, Curhat Soal Warga Tangsel yang Kena Covid-19, Diteror Dianggap Sumber Penularan

MANDI MATAHARI - Ratusan pegawai Pemkot Surabaya berjemur di Jl Jimerto, Selasa (31/3). Jam 10.00 pagi pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya bersama-sama berjemur di bawah sinar matahari untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Waktu untuk berjemur berlangsung selama 15 menit. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
MANDI MATAHARI - Ratusan pegawai Pemkot Surabaya berjemur di Jl Jimerto, Selasa (31/3). Jam 10.00 pagi pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya bersama-sama berjemur di bawah sinar matahari untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Waktu untuk berjemur berlangsung selama 15 menit. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ (SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Ini yang seharusnya menjadi pertanyaan kita, setiap membaca semua informasi mengenai hal tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, menurut Profesor Imunologi di University of Manchester, Sheena Cruickshank, untuk mengetahui bagaimana merawat sistem imun, seseorang harus memahami kekuatannya terlebih dahulu.

"Ketika kamu bersentuhan dengan kuman yang belum pernah dikenali tubuh sebelumnya, kamu memiliki berbagai penghalang untuk mencoba menghentikannya masuk ke tubuh anda," kata Sheena.

Adapun contoh-contoh penghalang tersebut adalah kulit, imun dan mikrobiome.

Halaman
1234
Sumber: Grid.ID
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas