Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tes Kesehatan Anies-Cak Imin Besok Bakal Berlangsung Selama 10 Jam

Pemeriksaan ini bakal dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Tes Kesehatan Anies-Cak Imin Besok Bakal Berlangsung Selama 10 Jam
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Bakal Calon Presiden Anies Baswedan dan Bakal Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar menyapa relawan saat tiba di depan Gedung KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). Tes kesehatan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bakal berlangsung selama 10 jam. 

Laporan Wartawan Tribunews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tes kesehatan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bakal berlangsung selama 10 jam.

Hal ini berdasarkan jadwal pemeriksaan yang disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Proses pemeriksaan kesehatan bapaslon capres cawapres Anies Muhaimin dimulai jam 07:00 WIB Sabtu 21 Oktober 2023 pagi hari esok dan berakhir pada jam 17:15 WIB sore," kata Anggota KPU RI Idham Holik saat dikonfirmasi, Jumat (20/102023). 

Baca juga: Hasto Sebut Ada yang Deg-degan Jalani Tes Kesehatan, Kalau Ganjar-Mahfud Siap dan Fit

Pemeriksaan ini bakal dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan pemeriksaan yang bakal berlangsung dari pagi ini akan menjalani prosedur dari pengambilan urine, darah, hingga mengharuskan pasangan calon untuk berpuasa. 

"Pemeriksaan mulai dari pagi, karena kan harus ada mengambil air seni, ambil darah, itu juga ada prosedur harus puasa dengan durasi sekian waktu, puasanya itu puasa makan, tapi tidak puasa minum," ujar ujarnya kepada awak media, dikutip Jumat.

Baca juga: Adu Harta Kekayaan Anies-Cak Imin vs Ganjar-Mahfud MD, Siapa Pasangan Terkaya?

BERITA TERKAIT

"Kalau misalkan pemeriksaannya jam sekian, berarti mulai puasanya jam sekian, itu sudah diperhitungkan dengan tim pemeriksa di RSPAD," sambungnya. 

Jika hasil kesehatan pasangan calon ada yang tidak memenuhi kriteria, Hasyim mengungkapkan tim pemeriksa lah yang berwenang apakah tes akan dilakukan ulang atau tidak. 

Selain pemeriksaan jasmani, beberapa instrumen tes psikologi juga bakal diterapkan nantinya bagi para pasangan calon.

"Jadi (tes) sehat jasmani rohani," tuturnya.

Sehingga dengan berbagai indikator maupun metode tertentu yang sudah ditentukan ini, dapat diketahui jelas Hasyim, apakah seseorang itu secara rohani dan jasmani mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden untuk satu periode ke depan. 

Para pasangan capres cawapres yang telah mendaftar secara resmi ke KPU harus mengikut rentetan tes kesehatan yang difasilitasi langsung oleh lembaga penyelenggara ini sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) 19/2023.

Menyusul Anies-Imin, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal melakukan tes serupa keesokan harinya pada Minggu (22/10/2023). 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas