Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Performa Prabowo Dalam Debat Pilpres Terendah Versi Litbang Kompas, TKN: Bukan Cari Menang Kalah

Nusron Wahid menanggapi temuan jajak pendapat Litbang Kompas yang menyebut Prabowo Subianto berada posisi paling rendah dalam Debat Capres

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Performa Prabowo Dalam Debat Pilpres Terendah Versi Litbang Kompas, TKN: Bukan Cari Menang Kalah
Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Nusron Wahid saat dijumpai awak media di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (9/12/2023) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menanggapi temuan jajak pendapat Litbang Kompas yang menyebut capres nomor urut 2 Prabowo Subianto berada posisi paling rendah dalam Debat Capres yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Nusron mengaku pihaknya tidak masalah dengan temuan jajak pendapat Litbang Kompas tersebut.

Pihaknya menghormati temuan jajak pendapat tersebut.

"Ya monggo dan nggak masalah Litbang Kompas menyebut apa saja. Itu hak dia," kata Nusron saat dikonfirmasi, Selasa (9/1/2024).

Lebih lanjut, Nusron menambahkan subtansi debat yang diinginkan internal TKN bukanlah menang atau kalah.

Sebaliknya, debat seharusnya menjadi momentum untuk menyampaikan gagasan hingga visi misi.

Baca juga: Prabowo Sebut Ada Manusia yang Pernah Diberi Dukungan Tapi Dibalas Kedengkian, Sindir Anies?

BERITA REKOMENDASI

"Dari awal substansi debat itu bukan mencari siapa yang menang dan kalah. Siapa yang unggul dan tidak unggul. Siapa yang tinggi dan rendah. Tapi sarana menyampaikan gagasan, visi, misi, dan program kerja secara baik," tukasnya.

Sebelumnya, jajak pendapat Litbang Kompas menunjukkan performa calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto paling rendah dalam debat capres kedua yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Pendapat Litbang Kompas menunjukkan performa calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto paling rendah dalam debat capres kedua yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Baca juga: Kubu Anies-Cak Imin Tak Akan Laporkan Balik Prabowo soal Umpatan: yang Waras Mengalah

Litbang Kompas melakukan jajak pendapat untuk merekam penilaian publik atas performa tiga calon presiden (capres) pada debat kedua.

Salah satu aspek yang dilihat pada survei yang melibatkan 210 responden itu yakni menjawab pertanyaan dengan lancar, menguasai permasalahan, dan penampilan di atas panggung.

"Memang yang dinilai perlu banyak koreksi memang di Pak Prabowo. Memang di satu sisi terkait dengan penampilan itu nilainya cukup ya, tetapi soal penguasaan permasalahan dan bagaimana cara Beliau menjawab pertanyaan itu dinilai relatif lebih rendah dibandingkan dengan calon-calon yang lain,” ujar peneliti Litbang Kompas Rangga Eka Sakti dikutip dari Kompas.id, Senin (8/1/2024).

Adapun dalam aspek pertama, yaitu soal menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas, capres nomor urut 1, Anies Baswedan dan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo sama-sama mendapatkan skor 7,4.

Sementara itu, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mendapatkan angka 6,9.

Kedua, pada aspek menguasai permasalahan, Anies memperoleh angka 7,2 dan Ganjar 7,4. Adapun Prabowo dinilai publik dengan angka 6,9.

Lalu, pada aspek ketiga yaitu penampilan kandidat di atas panggung, Anies memperoleh skor 7,9 dan Ganjar meraih skor 7,8. Kemudian Prabowo hanya mendapatkan angka 7,1.

“Nah ini juga menjadi tren yang menarik ini karena dalam debat pertama justru Pak Prabowo itu mendapatkan penilaian yang relatif lebih positif,” tutur Rangga.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas