Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Baswedan Bakal Tingkatkan TKDN Sektor Otomotif Hingga 75 Persen Saat Jadi Presiden

Jika ekosistem industri otomotif terbentuk, tingkat komponen dalam negeri juga akan bisa meningkat secara perlahan-lahan.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Anies Baswedan Bakal Tingkatkan TKDN Sektor Otomotif Hingga 75 Persen Saat Jadi Presiden
TIMNAS Amin/TIMNAS Amin
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar saat mengikuti Debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan. Minggu (7/1/2024). Tema Debat Capres ketiga adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri. (TIMNAS Amin) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, mengatakan akan meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Anies mencontohkan sektor otomotif, di mana peningkatan TKDN ini dapat dilakukan secara perlahan-lahan, tidak mendadak, hingga akhirnya dapat menyentuh angka 75 persen.




"Terkait dengan tingkat komponen dalam negeri ini perlu ditingkatkan secara bertahap. Tidak bisa dadakan," kata Anies dalam acara Dialog Capres Bersama Kadin di Jakarta, Kamis (11/1/2024).

Baca juga: Kapolri Listyo Sigit Tanggapi Curhatan Masnawati yang Diselingkuhi Enjang Hasan: Akan Kami Cek

"Untuk contohnya sektor otomotif ini kita mungkin bisa mencapai angka 70 hingga 75 persen gradually (perlahan-lahan) ke arah sana," lanjutnya.

Menurut dia, jika ekosistem industrinya terbentuk, tingkat komponen dalam negeri juga akan bisa meningkat secara perlahan-lahan.

Maka dari itu, eks Gubernur DKI Jakarta ini memandang bahwa ekosistem industri perlu disiapkan agar RI tidak hanya menjadi pasar konsumsi.

BERITA TERKAIT

Namun, juga sentra produksi global dan harapannya nanti di dalamnya juga muncul kegiatan ekspor Indonesia.

Lalu, Ia melihat salah satu faktor yang harus dikerjakan untuk meningkatkan TKDN adalah mengundang lebih banyak pemain dunia untuk berinvestasi di Indonesia.

Para pemain dunia ini kemudian harus merangkul pemain lokal dan kewajiban untuk menaikkan TKDN di dalam semua kegiatan usaha dilakukan bersama-sama.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas