Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

5 Tokoh Nasional Disebut-sebut Akan Maju di Pilkada 2024: Anies, Cak Imin hingga Adik Prabowo

Beberapa tokoh lokal dan nasional akan ikut berpartisipasi dalam Pilkada itu untuk mencalonkan gubernur atau wakil gubernur.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in 5 Tokoh Nasional Disebut-sebut Akan Maju di Pilkada 2024: Anies, Cak Imin hingga Adik Prabowo
Foto Kolase Tribunnews.com
Sejumlah tokoh nasional disebut akan maju di Pilkada serentak 2024: Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Hashim dan Cak Imin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan daerah yang terdiri dari provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia akan melangsungkan Pilkada serentak pada akhir tahun 2024 ini.

Pilkada serentak akan dilangsungkan di 37 provinsi, kecuali hanya provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang tidak ikut dalam gelaran Pilgub serentak itu.

Dengan rincian Pilkada serentak 2024 diikuti 37 provinsi dan 508 kabupaten dan kota seluruh Indonesia.




Oleh karena itu, beberapa tokoh lokal dan nasional akan ikut berpartisipasi dalam Pilkada itu untuk mencalonkan gubernur atau wakil gubernur.

Berikut dirangkum Tribunnews.com, Kamis (28/3/2024), sejumlah tokoh nasional yang digadang-gadang maju di Pilkada serentak 2024 :

1. Anies Baswedan

Jika gagal di Pilpres 2024 ini, calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan, disebut-sebut akan mencalonkan gubernur Jakarta dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

BERITA TERKAIT

Namun Anies  tak ingin membahas hal itu karena masih fokus di Pilpres.

"Jadi sekarang ini tidak usah tengok kanan kiri, kita sekarang sedang fokus menuntaskan perjuangan dan ini adalah amanah jutaan orang. Kita akan perjuangkan terus sampai perubahan bisa terlaksana," ucapnya saat ditemui di Sunter Agung, Jakarta Utara, Jumat (1/3/2024).

Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berfoto bersama usai mengikuti sidang perdana perselisihan hasil pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2024).
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berfoto bersama usai mengikuti sidang perdana perselisihan hasil pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2024). (Tribunnews/JEPRIMA)

Nama Anies muncul sebagai cagub DKI Jakarta. PKS  juga tidak persoalkan Anies mencalonkan gubernur Jakarta lagi.

Anies merupakan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 dan berpeluang tinggi menang jika kembali ikut dalam kontestasi Pilkada DKI yang akan digelar akhir tahun 2024.

2. Cak Imin

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur membenarkan akan mengusung Muhaimin Iskandar alias Cak Imin jadi cagub Jawa Timur.

"Iya itu benar adanya," ujar Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslachah kepada Tribun Jatim Network melalui via WA, Rabu (27/3/24).

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas