Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PAN soal Prabowo Minta Demokrat Siapkan Kader Terbaik Isi Kabinet: Kami Jaga Fatsun dan Moral

Ketika ditanya soal nama-nama kader PAN yang bakal diajukan sebagai menteri kabinet Prabowo-Gibran, Viva mengatakan itu ranah dari Zulkifli Hasan

Penulis: Reza Deni
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in PAN soal Prabowo Minta Demokrat Siapkan Kader Terbaik Isi Kabinet: Kami Jaga Fatsun dan Moral
Istimewa
Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju usai KPU RI mengumumkan hasil Pilpres 2024 di di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, merespons keinginan presiden pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto, kepada Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menyiapkan kader untuk membantunya di kabinet pemerintahan mendatang.

Menurut Viva, hal tersebut merupakan hak prerogatif Prabowo.

"PAN tidak ikut campur urusan itu, menjaga fatsun dan moral politik," kata Viva kepada Tribunnews, Jumat (29/3/2024).

Viva mengaku pengurus PAN santai dengan apa yang dikatakan Prabowo tersebut.

Kini, semua pihak, termasuk kubu Prabowo-Gibran, fokus menghadapi sengkete hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketika ditanya soal nama-nama kader PAN yang bakal diajukan sebagai menteri kabinet Prabowo-Gibran, Viva mengatakan itu ranah dari Zulkifli Hasan sebagai ketua umum.

BERITA TERKAIT

"Nanti akan diumumkan oleh ketum PAN secara resmi. Sekarang PAN fokus di persidangan MK," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara terang-terangan menyebut kalau Capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto menitipkan pesan kepada dirinya soal nama-nama di Demokrat yang bakal membantu di kabinet.

Pernyataan itu disampaikan AHY saat acara silaturahmi dan buka puasa bersama dengan Prabowo Subianto di Kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (27/3/2024) malam.

Baca juga: Senyum Puan saat Disinggung Peluang PDIP Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

AHY menyatakan kalau Prabowo telah meminta dirinya untuk menyiapkan kader terbaik Demokrat.

"Bapak juga sudah memerintahkan kepada saya, untuk menyiapkan sejumlah kader terbaik Partai Demokrat, yang akan membantu Bapak di kabinet dan pemerintahan mendatang," kata AHY dalam sambutannya di acara buka puasa bersama Partai Demokrat.

Hanya saja, Menteri ATR/BPN itu belum membeberkan secara detail berapa jumlah kader Demokrat yang akan masuk dalam komposisi di kabinet pemerintahan selanjutnya.

Dirinya hanya menegaskan kalau Partai Demokrat memiliki tekad untuk menyukseskan kepemimpinan Prabowo-Gibran usai pelantikan mendatang.

"Ke depan, kami bertekad untuk menyukseskan pemerintahan dan legacy Bapak. Kami akan fokus untuk membantu menunaikan janji-janji kampanye Bapak," beber dia.

Baca juga: Cak Imin Didorong Maju Pilgub Jatim, Dewan Syura PKB: Kader Harus Fokus Kawal Sengketa Pilpres di MK

Untuk saat ini kata AHY, Partai Demokrattidak akan menggangu fokus Prabowo sebagai Presiden RI terpilih untuk menyusun segala postur serta program kerja untuk pemerintahan mendatang.

Kata dia, Demokrat hanya pentin membantu pemerintahan Prabowo-Gibran untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik lima tahun ke depan.

"Kami tidak ingin mengganggu fokus Bapak dalam menyusun program kerja mendatang. Semoga kami bisa benar-benar membantu Bapak untuk mewujudkan Indonesia yang semakin baik, lima tahun ke depan. Semakin kuat dan maju negaranya. Semakin makmur dan sejahtera rakyatnya," tukas AHY.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas