Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sohibul Iman Digadang Cuma jadi Daya Tawar PKS untuk Pilkada Jakarta 

Dengan adanya nama Sohibul Iman tersebut, maka partai manapun yang hendak berkoalisi dengan PKS harus menjamin pasangannya yakni Sohibul Iman.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Sohibul Iman Digadang Cuma jadi Daya Tawar PKS untuk Pilkada Jakarta 
Dok PKS
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Paramater Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, pengumuman nama Wali Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman maju di Pilkada Jakarta hanya sebagai daya tawar PKS kepada partai politik lain.

Kata Adi, pengumuman nama Sohibul Iman tersebut, sebagai upaya PKS bisa mengajukan kader internalnya sebagai calon kepala daerah di Jakarta.

Baca juga: Sikap PKS Dorong Sohibul Iman Jadi Cagub Jakarta Dianggap Upaya Jegal Anies, NasDem Beri Respons

"Jadi PKS itu ingin menunjukkan kepada siapapun sebagai pemenang Pileg di Jakarta, PKS itu wajib hukumnya ada kader mereka yang harus kemudian digandeng sebagai pendamping untuk bisa maju dalam pilkada Jakarta," kata Adi kepada Tribunnews, Senin (24/6/2024).

Kata dia, dengan adanya nama Sohibul Iman tersebut, maka partai manapun yang hendak berkoalisi dengan PKS harus menjamin pasangannya yakni Sohibul Iman.

Tak hanya itu, kalaupun Anies Baswedan juga hendak maju harus berduet dengan mantan Ketua Umum PKS tersebut.

Baca juga: Jika Usung Sohibul Iman, PKS akan Sulit Menang di Pilkada Jakarta

"Misalnya kalau Anies mau maju pilgub tertarik berkoalisi dengan PKS maka wajib bagi Anies menjadikan Sohibul Iman sebagai wakil," kata dia.

BERITA REKOMENDASI

Dengan begitu, Adi Prayitno menilai kalau pengumuman nama Sohibul Iman itu hanyalah pesan dari PKS agar pihak manapun yang mau berkoalisi harus mengusung juga kadernya tersebut.

Pasalnya menurut Adi, PKS dalam Pileg 2024 ini merupakan pemenang di Jakarta dengan meraih suara terbanyak dibandingkan partai politik lainnya.

"Begitu pun kalau misalnya dari kubu KIM misalnya Ridwan Kamil atau siapapun nanti yang diusung oleh Kim tertarik berkoalisi dengan PKS wajib hukumnya menjadikan sohibul Iman sebagai wakil dan partnernya," tandas dia.

Sebelumnya, DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengajukan nama Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman sebagai Bakal Calon Gubernur Daerah Khusus Jakarta 2024.

Demikian diungkapkan Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri berbicara mengenai dinamika internal partainya menghadapi Pilkada Jakarta.

"Sebagai Partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan akan memperjuangkan kader terbaiknya sebagai Calon Gubernur DK Jakarta. Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," ungkap Mabruri dalam keterangannya kepada wartawan Minggu (23/6/2024).

Baca juga: Bukan Anies Baswedan, PKS Berencana Usung Sohibul Iman Maju di Pilgub Jakarta

Mabruri menyebut, bahwa Sohibul Iman merupakan figur yang memiliki integritas dan kapasitas yang mumpuni. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas