Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komnas Perempuan: Korban KDRT di Tangsel Sedang Hamil 4 Bulan, Perlu Pemulihan Fisik dan Psikis

Komnas Perempuan menegaskan korban KDRT di Tangerang Selatan perlu pemulihan fisik dan psikis lantaran tengah hamil empat bulan.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Sri Juliati
zoom-in Komnas Perempuan: Korban KDRT di Tangsel Sedang Hamil 4 Bulan, Perlu Pemulihan Fisik dan Psikis
Tangkap layar dari @viralciledug
Komnas Perempuan menegaskan korban KDRT di Tangerang Selatan perlu pemulihan fisik dan psikis lantaran tengah hamil empat bulan. 

TRIBUNNEWS.COM - Komisioner Komnas Perempuan, Rainy Hutabarat mengungkapkan korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) berinisial T (21) dari suaminya B (38) di Tangerang Selatan perlu mendapatkan layanan pemulihan fisik dan psikis.

Apalagi, korban tengah mengandung selama empat bulan.

Rainy menjelaskan korban KDRT bakal mengalami dampak dalam aspek fisik hingga psikis seperti trauma hingga seumur hidupnya.

"Dampak KDRT oleh pelaku terhadap istri mencakup aspek fisik, sosial, dan psikis berupa trauma atau gangguan mental, yang bila tidak mendapat layanan pemulihan akan berpengaruh buruk terhadap korban sepanjang hidupnya."

"Korban yang sedang hamil empat bulan perlu mendapat layanan pemulihan fisik maupun psikis hingga benar-benar pulih," kata Rainy dalam keterangan tertulis, Senin (17/7/2023).

Terkait dampak psikis, Rainy mengatakan pihaknya mencatat korban KDRT bakal memiliki keinginan untuk mengakhiri hidup, melukai diri sendiri, gangguan jiwa sedang atau akut serta menurunnya kualitas hidup.

Baca juga: Polisi Sebut Pria yang Melakukan KDRT pada Istri di Tangsel Merupakan Residivis Kasus Narkoba

Sementara dalam konteks kasus KDRT yang dialami T, kondisi bayi yang dikandungnya pun akan turut berpengaruh.

BERITA REKOMENDASI

"Ketika istri yang sedang hamil empat bulan dianiaya, maka tumbuh-kembang atau nyawa bayi yang dikandung juga terancam," katanya.

Lebih lanjut, menurut Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan, Rainy menyebut kasus KDRT menjadi kasus kekerasan terhadap perempuan terbanyak yang dilaporkan kepada pihaknya serta organisasi serupa pada tiap tahunnya.

"Kekerasan terhadap istri atau pasangan merupakan kasus KDRT terbanyak terekam dalam CATAHU setiap tahun," kata Rainy.

Rainy pun menegaskan sejak UU Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga disahkan pada tahun 2004, kekerasan terhadap istri bukan hanya urusan keluarga saja, tetapi sudah masuk ke ranah tindak pidana.

"Pelaku KDRT walau suami sendiri dapat dilaporkan dan dikenakan sanksi hukum setimpal dengan perbuatannya. Dari perspektif HAM internasional, KDRT merupakan pelanggaran HAM perempuan," tegasnya.

Alasan Pelaku Belum Ditahan

Seorang suami diduga melakukan KDRT kepada istrinya di Serpong, Tangerang Selatan. Kemudian beredar isu bahwa pelaku dibebaskan polisi lantaran tindak pidana yang dilakukan tergolong ringan atau tipiring.
Seorang suami diduga melakukan KDRT kepada istrinya di Serpong, Tangerang Selatan. Kemudian beredar isu bahwa pelaku dibebaskan polisi lantaran tindak pidana yang dilakukan tergolong ringan atau tipiring. (Tangkap layar dari @viralciledug)

Sebelumnya, Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Tangerang Selatan, Iptu Siswanto menjelaskan terkait pihaknya belum menahan B meski telah ditetapkan menjadi tersangka.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas